Rabu 19 Oct 2022 05:45 WIB

5 Hadiah Terbaik untuk Orang Tua yang Telah Wafat

Pahala amal baik bisa dihadiahkan untuk orang yang sudah wafat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pahala amal untuk orang wafat. Pahala amal baik bisa dihadiahkan untuk orang yang sudah wafat
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi pahala amal untuk orang wafat. Pahala amal baik bisa dihadiahkan untuk orang yang sudah wafat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Berbakti kepada orang tua adalah keinginan setiap anak yang berbakti, baik saat orang tua masih hidup hingga saat mereka telah wafat. Anak yang berbakti akan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk membuat bahagia orang tua sepanjang hidupnya.

Islam mengajarkan agar setiap anak berbakti kepada orang tuanya. Beberapa amalan berikut bahkan dapat tergolong sebagai hadiah terbaik untuk orang tua yang telah meninggal. Amalan-amalan tersebut, seperti dilansir dari Elbalad, Selasa (18/10/2022), meliputi:

Baca Juga

Sedekah

Imam Nawawi menyebutkan bahwa pahala sedekah dapat mencapai almarhum, apakah itu dari anak-anaknya atau dari orang lain. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW:

 

Baca juga: Pengakuan Mengharukan di Balik Islamnya Sang Diva Tere di Usia Dewasa

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَبِي مَاتَ وَتَرَكَ مَالاً وَلَمْ يُوْصِ، فَهَلْ يُكَفِّرُ عَنْهُ إِنْ أَتَصَدَّقُ عَنْهُ؟ قَالَ: نَعَمْ. [رواه مسلم]

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi SAW, “Sesungguhnya ayahku wafat dan meninggalkan harta akan tetapi beliau belum berwasiat. Maka apakah dia dihapuskan (dosanya) jika saya bersedekah atas namanya?” Jawab beliau, “Ya”.” (HR. Muslim).

Membaca Alquran

Ini adalah salah satu tindakan yang mencapai orang yang telah meninggal. Anak yang ingin menghadiahkan bacaan Alquran-nya dapat meniatlan diri untuk memberikan pahala bacaan Alquran untuk orang tuanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement