Ahad 16 Oct 2022 03:21 WIB

Kesucian Kota Makkah Al Mukkaramah

Allah telah membuat Makkah selamanya suci dan aman.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Kesucian Kota Makkah Al Mukkaramah
Foto:

Nabi Ibrahim AS, mengumumkan haji (ziarah) kepada orang-orang, dan Allah mengambil atas diri-Nya untuk mengirim suara panggilan ke seluruh bumi. Setelah itu, kafilah para nabi terhormat, mengikuti mereka mulai berjalan menuju Kota Suci. Nabi Musa AS, yang dimuliakan oleh mukjizat Allah SWT berbicara kepadanya muncul seperti nabi Yunus AS, yang ditelan oleh ikan paus.

Makkah adalah tanah tempat Nabi Muhammad SAW lahir dan di mana dimulainya kenabian. Di sinilah pertama kali Nabi menerima wahyu di puncak Gunung Jabal Nur, di Gua Hira.

Penghormatan dan kesucian Makkah dilanjutkan dengan kenabian Muhammad SAW dan menyampaikan kepada kita bahwa, umat Muslim harus menghadap Ka'bah selama sholat. Satu sholat di Masjidil Haram setara dengan 100 ribu sholat di mesjid lainnya.

Nabi Muhammad SAW kemudian membimbing orang-orang untuk mengetahui bahwa, membunuh di Makkah merupakan tindakan yang dilarang. Seperti menebang pohon dan berburu, dan mengambil barang yang hilang bukan kepunyaannya.

Nabi SAW secara terbuka mengumumkan cintanya pada Makkah dan statusnya yang tinggi di sisi Allah ketika ia berkata: “Demi Allah! Kamu adalah sebaik-baik tanah Allah dan kamu adalah tanah yang paling dicintai Allah.” (HR At-Tirmidzi dan Ahmad)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement