Sabtu 10 Sep 2022 01:11 WIB

Sejarah Masjid Umayyah, Bangunan Indah yang Dibangun pada Masa Kejayaan Islam

Masjid Umayyah terus menginspirasi penciptaan banyak masjid lain di abad berikutnya.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
  Masjid Umayyah di Damaskus, Suriah. Sejarah Masjid Umayyah, Bangunan Indah yang Dibangun pada Masa Kejayaan Islam
Foto:

Sekitar 40 ton kubus kaca dan batu, 12 ton di antaranya berwarna hijau diatur sedemikian rupa sehingga seluruh ruang bersinar dan berkilau seperti taman yang fantastis. Setiap kubus dimiringkan dengan hati-hati untuk menangkap cahaya jika dilihat dari bawah.

Desainnya mengambil inspirasi dari sebuah ayat dalam Alquran yang menggambarkan surga dengan kamar-kamar yang tinggi dan sungai yang mengalir. Dalam laporan Jubair, ia menggambarkan kesempurnaan konstruksi masjid, menulis bahwa ia memiliki hiasan dan dekorasi yang luar biasa, termasuk mosaik emas dan batu berwarna luar biasa yang mempesona dalam cahaya. Dikatakan juga bahwa biaya pembangunan ini setara dengan tujuh tahun total pendapatan perbendaharaan Damaskus

Ada perdebatan apakah bahasa desain untuk masjid Umayyah itu adalah dari Bizantium, neo-Romawi, Sassanian (Persia), Suriah, atau murni Islam. Tetapi kenyataannya, rumah ibadah itu mengandung unsur-unsur dari semua tradisi ini.

Arsitektur masjid

Menurut Muhammad al-Idrisi, seorang ahli geografi dan kartografer Muslim, masjid ini tidak ada bandingannya di dunia. Hal ini mengacu pada konstruksinya yang kokoh dan desainnya yang beragam dan mengesankan.

Namun masjid itu tidak hanya dianggap inovatif untuk dekorasinya. Tapi juga inspiratif karena terus menginspirasi penciptaan banyak masjid lain yang dibangun pada abad-abad berikutnya.

Meskipun Bani Umayyah hanya memerintah Damaskus selama 90 tahun, masjid agung mereka tetap tidak berubah selama 1.300 tahun ke depan, dengan dinasti-dinasti kemudian hanya membuat perubahan kecil padanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement