Rabu 17 Aug 2022 05:45 WIB

Menengok Deretan Bangunan Tua Istanbul yang Berusia Berabad-abad

Istanbul menjadi tuan rumah berbagai peradaban dan budaya selama berabad-abad.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Rumah Sakit Haydarpasa Numune adalah rumah sakit bersejarah yang terletak di distrik Skudar, Istanbul, Turki. Menengok Deretan Bangunan Tua Istanbul yang Berusia Berabad-abad
Foto:

Apartemen Valpreda

Apartemen Valpreda adalah bangunan tujuh lantai, 14-flat yang dibangun oleh Levi Kehribarc pada tahun 1909. Ini adalah salah satu apartemen pertama yang dibangun sebagai tempat tinggal dalam sejarah Istanbul. Itu dibangun oleh insinyur Jerman yang bekerja dalam pembangunan Stasiun Haydarpaşa untuk pekerja batu Italia untuk tinggal. Hari ini lebih dikenal luas sebagai Apartemen Italia.

Dibangun dengan gaya art nouveau, yang merupakan gaya dominan pada masa itu.

Jalur Kereta Bersejarah

Karena harus mendaki Lereng Yüksekkaldırım, yang merupakan lereng yang sangat curam dengan ketinggian 24 persen, untuk mencapai Beyoğlu dari Karaköy, tidak mengherankan jika sangat melelahkan bagi orang-orang.

Dalam konteks ini, salah satu kereta api yang dibuat pada tahun 1869 untuk meningkatkan transportasi perkotaan Istanbul diberikan untuk Terowongan, yang dibangun untuk memfasilitasi transportasi antara dua titik ini.

Terowongan sepanjang 573 meter (1.879 kaki), yang pembangunannya dimulai pada tahun 1871, mulai dioperasikan pada 17 Januari 1875, setelah tiga tahun pembangunan. Terowongan, yang menjadi listrik pada 1910, mengalami perbaikan menyeluruh pada 2007.

photo
Jalur kereta bersejarah di Istanbul, Turki. - (Youtube)

Pemandian Turki Ağa

Pemandian Turki Ağa adalah bangunan tiga lantai yang dibangun di atas tanah seluas 650 meter persegi (6,996 kaki persegi). Dua lantai pertama dibangun sebagai rumah dan lantai dasar sebagai kamar mandi.

Bagian luar dan bagian atas bak mandi, atau kubah, dirancang untuk menerima sinar matahari dari matahari terbit hingga terbenam. Kubah berbentuk bulat dan potongan kaca bundar memungkinkannya menerima cahaya sepanjang hari.

Bangunan ini dipengaruhi oleh periode klasik yang muncul pada akhir abad ke-15. Banyak bangunan yang dibangun oleh Sultan Ottoman Mehmed II setelah penaklukan Istanbul mengikuti tren ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement