Senin 01 Aug 2022 21:49 WIB

Surat Alquran yang Dianjurkan Dibaca Seusai Sholat Maghrib dan Keutamaannya

Surat Al Waqiah dianjurkan untuk dibaca sesuai sholat Maghrib

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi membaca Alquran surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah dianjurkan untuk dibaca sesuai sholat Maghrib
Foto: AP/Adel Hana
Ilustrasi membaca Alquran surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah dianjurkan untuk dibaca sesuai sholat Maghrib

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Membaca Alquran merupakan pintu ketenangan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat karena Alquran adalah doa dan dzikir terbaik, apalagi setelah melaksanakan sholat sebab doa setelah sholat termasuk waktu yang diijabah Allah SWT. 

Karena itu, penting bagi seorang Muslim untuk membaca Alquran setelah sholat. Termasuk dalam hal ini ialah bacaan Alquran setelah sholat Maghrib. Bacaan Alquran setelah melaksanakan sholat Maghrib mungkin termasuk yang jarang diketahui oleh banyak Muslim. 

Baca Juga

Apa surat yang perlu dibaca setelah sholat Maghrib? Di antara surat yang bisa dibaca sesuai sholat Maghrib tersebut adalah surat Al Waqiah. Para ulama menyampaikan, ada hadits Nabi SAW yang berisi tentang keutamaan Surat Al Waqiah. 

Hadits tersebut menjelaskan bahwa dengan membaca Surat Al Waqiah maka yang membacanya akan terlindungi dari kemiskinan. Hadits tersebut disepakati lemah para ulama dan tidak sahih dari jalur apapun dari Nabi Muhammad SAW. 

Meski begitu, para ulama membolehkan seorang Muslim untuk melakukan ibadah berdasarkan hadits yang lemah, tanpa meyakini kebolehan atau kewajiban membacanya. Adapun hadits tersebut sebagai berikut: 

عن ابن مسعود -رضي الله عنه- أن النبي صلى الله وسلم قال:  مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca surah Al Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan ditimpa kefakiran/kemelaratan selamanya." (HR Abu Ya'la dan Ibnu Asakir)

Hadits itu memang dhaif dan banyak ulama hadits yang menyatakan demikian. Namun, membaca Surat Al Waqiah, termasuk setelah sholat Maghrib, tidaklah dilarang sebab itu termasuk perbuatan baik. 

Dengan demikian, tidak masalah jika seorang Muslim melakukannya sebagai fadhail 'amal atau perbuatan baik. Ibnu Mas'ud pun dikatakan bahwa dia biasa memerintahkan putrinya untuk membaca Surat Al Waqiah setiap malam. 

 

Sumber: elbalad  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement