Jumat 12 Nov 2021 04:32 WIB

10 Surat yang Mencegah Terjadinya 10 Perkara

Allah SWT menjadikan Alquran sebagai penawar bagi hamba-Nya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT menjadikan Alquran sebagai penawar bagi hamba-Nya. Ilustrasi membaca Al Fatihah
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Allah SWT menjadikan Alquran sebagai penawar bagi hamba-Nya. Ilustrasi membaca Al Fatihah

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Ayat mujarobat merupakan bacaan yang diyakini memiliki manfaat tertentu ketika mengamalkannya. Manfaat seperti perlindungan atau kesehatan bisa didapatkan saat membaca ayat-ayat yang diambil dari Alquran tersebut. 

Dilansir dari Elbalad, Kamis (11/11), salah satu ayat mujarabat adalah surat Al-Kahf yang menurut Nabi Muhammad SAW juga akan memberi perlindungan dari fitnah Dajal. Orang yang membaca surat ini juga akan diberikan cahaya hingga jumat berikutnya. 

Baca Juga

Surat lain yang dijelaskan memiliki keutamaan adalah surat Al-Fatihah. Surat ini disebut bisa menjadi penawar berbagai sakit yang diderita seseorang jika dibaca.  

Ada juga surat Al Ikhlas yang merupakan surat pendek, tapi dikatakan Nabi Muhammad SAW memiliki kemuliaan yang besar. 

 

Dalam suatu riwayat, ada sahabat Nabi yang selalu membaca surat ini setiap sholat karena kecintaannya kepada ayat tersebut. Nabi lau berkata kepadanya bahwa kecintaannya kepada surat tersebut akan diganjar surga.  

Surat lain yang pendek tapi memiliki keutamaan besar adalah surat Al Falaq dan An Naas. Surat-surat ini masuk sebagai surat muawidzatain yang melindungi diri dari gangguan jin dan penyakit ‘ain dari orang lain. 

Mengamalkan bacaan surat Al Baqarah dan Ali Imran juga akan memberi perlindungan orang yang membacanya di hari akhir kelak. Dua ayat terakhir surat Al Baqarah, seperti yang dijelaskan Nabi SAW akan memberikan kecukupan kepada seseorang. Rasulullah SAW bersabda:  

من قرأ بالآيتين من آخر سورة البقرة في ليلة كفتاه

Artinya: “Barang siapa yang membaca dua ayat ini dari akhir surat Al-Baqarah di suatu malam, maka kedua ayat ini dapat mencukupinya.”  

Secara lengkap, dalam sebuah riwayat yang diduga kuat lemah, Nabi Muhammad SAW diriwayatkan bersabda ada sepuluh surat yang menghindarkan dari sepuluh perkara, yakni: 

عشــر تمنع عشــرة: "الفاتحة تمنع غضب الله – يّس تمنع عطش القيامة – الدخان تمنع أهوال القيامة – الواقعة تمنع الفقر – الملك تمنع عذاب القبر – الكوثر تمنع الخصومة – الكافرون تمنع الكفر عند الموت – الإخلاص تمنع النفاق – الفلق تمنع الحسد – الناس تمنع الوسواس"

"(Terdapat) 10 surat yang mencegah 10 perkara (yaitu) Al Fatihah mencegah murka Allah, Yasin mencegah dahaga di Hari Kiamat, surat Ad Dukhan mencegah kengerian Hari Kiamat, Al Waqiah mencegah kemiskinan, Al-Mulk mencegah siksa kubur, Al Kautsar mencegah perselisihan, Al-Kafirun mencegah kekafiran pada saat kematian, Al-Ikhlas mencegah kemunafikan, Al Falaq mencegah kecemburuan, An Nas mencegah waswas atau bisikan buruk dari jin dan manusia." 

Baca juga : Gerhana Terlama Selama 580 Tahun akan Muncul di AS

 

Sumber: elbalad

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement