Sabtu 30 Jul 2022 03:53 WIB

10 Tips Jadi Muslimah Lajang yang Bahagia

Muslimah bahagia selalu berkonsentrasi pada apa yang ia miliki dan memanfaatkannya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

9. Jelajahi lingkungan dan cari kenikmatan dalam segala hal

Wanita Muslim tidak kalah beruntung dalam hal kebebasan. Beberapa orang percaya bahwa jika Anda seorang gadis Muslim berhijab, maka secara otomatis membatasi Anda namun itu tidaklah benar.

Beberapa pergi melakukan zip lining, snorkling, hiking, dan kayak di Thailand. Kemudian beberapa telah mencoba sky diving, abseiling, dan wall climbing, dan tidak pernah membiarkan cadar menghalanginya melakukan aktivitas baru dan menarik.

Mencari kesenangan dalam hidup bukanlah hal yang negatif yang sering diklaim oleh sebagian orang. Ada kesenangan dalam mencoba hal-hal baru yang baik, dalam tamasya spontan atau bahkan hal-hal sederhana seperti menikmati makanan atau menikmati matahari terbit/tenggelam.

Sebagai seorang lajang, Anda memiliki kebebasan yang lebih luas untuk mengeksplorasi dan melakukan hal-hal yang mungkin tidak dapat Anda lakukan sebagai seorang istri atau ibu.

10. Tetap damai dengan sisi spiritual Anda

Selalu mencari bimbingan Tuhan dan tidak pernah mengabaikan kebutuhan rohani Anda. Hadiri pembicaraan Islami, kelilingi diri Anda dengan orang-orang positif dan teman-teman yang religius.

Memiliki sahabat yang seagama tidak selalu berarti berbicara tentang Islam, tetapi hanya bergaul dan bersenang-senang dengan orang yang mengingatkan Anda kepada Allah SWT, mendorong Anda untuk sholat tepat waktu, melakukan dzikir bersama atau menghafal Alquran akan membantu Anda mensucikan hati dan perkuat hubunganmu dengan Allah.

Hasil Akhir

Tak ada panduan cepat menuju kebahagiaan terutama karena kebahagiaan itu seperti emosi yang lain, keadaan sementara yang tidak akan bertahan selamanya. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk puas dan berdamai dengan dunia. Elizabeth Gilbert dalam novel Eat, Pray, Love merangkum cukup memadai misi seseorang di dunia ini.

"Anda diberi kehidupan; itu adalah tugas Anda (dan juga hak Anda sebagai manusia) untuk menemukan sesuatu yang indah dalam hidup, tidak peduli seberapa kecilnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement