Sabtu 30 Jul 2022 03:53 WIB

10 Tips Jadi Muslimah Lajang yang Bahagia

Muslimah bahagia selalu berkonsentrasi pada apa yang ia miliki dan memanfaatkannya.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah
Foto:

5. Cintai diri sendiri

Cintai dan percayai diri Anda sendiri, percaya Anda dapat melakukan semuanya sendiri dengan mudah dan selalu mengandalkan Tuhan saja. Sayangnya kenyataannya adalah bahwa jika Anda tidak belajar untuk mencintai diri sendiri dan tidak mencintai hidup Anda sendiri dan lajang, maka kecil kemungkinan Anda juga bahagia dalam suatu hubungan. Belajar bernapas perlahan dan tidak pernah terburu-buru.

6. Pahami dan temukan siapa Anda

Mengenali harga diri sendiri dan memahami siapa diri Anda (tanpa kehadiran orang lain) dan siapa yang Anda cita-citakan (apakah itu dalam bentuk tindakan/karier/pandangan/perilaku) adalah langkah penting dalam menemukan kebahagiaan.

Dalam perjalanan menemukan diri, Anda akan mengejutkan diri sendiri karena mampu melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda duga dapat Anda lakukan. Ini tidak hanya akan memberdayakan Anda tetapi akan meninggalkan perasaan puas diri dan kebahagiaan karena dapat melakukan apa saja sendiri. Tantang diri dan coba hal-hal baru, baru kemudian Anda akan belajar lebih jauh tentang kesukaan dan ketidaksukaan Anda.

photo
Sejumlah muslimah membaca Al Quran bersama-sama pada Palu Ba Tilawah di Taman GOR, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (31/3/2022). Kegiatan yang diinisiasi oleh Sekolah Alquran Palu dan diikuti sejumlah komunitas muslimah itu digelar untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1433 H sekaligus memuliakannya dengan membaca Al Quran. - (ANTARA/Basri Marzuki)

7. Konsistensi

Setelah Anda menyadari apa yang Anda sukai dan nikmati, terus lakukan untuk menikmati hasilnya. Konsistensi adalah kuncinya. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, Anda harus menunggu dan bersabar sebelum menuai 'buah'. Lakukan aktivitas yang baik dan amati efeknya pada Anda setelah beberapa minggu atau bulan.

Berpartisipasi dalam beberapa kelompok dan organisasi amal membuat Anda merasa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat dan memberi Anda lebih banyak energi dan penghargaan diri.

8. Memperluas lingkaran Anda

Islam adalah agama tunggal dan kolektif. Sebagai seorang Muslim, pada dasarnya Anda tidak pernah sendirian. Sangat penting bahwa Anda menjaga lingkaran sosial Anda bervariasi.

Memiliki beragam teman dengan berbagau latar belakang, kepercayaan, kelas sosial, kebangsaan dll akan selalu memberi kekayaan pada hidup Anda dan membantu Anda mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan secara umun serta meningkatkan pengetahuan dan pengalaman Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement