Rabu 25 May 2022 01:10 WIB

3 Cara Mudah Tetap Mendapat Keberkahan Usai Ramadhan

Penting untuk menemukan cara melanjutkan kebiasaan baik selama Ramadhan.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim membaca Alquran (tadarus) saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1443 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022) malam. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud dan berzikir. 3 Cara Mudah Tetap Mendapat Keberkahan Usai Ramadhan
Foto:

2. Mengajak orang lain berbuat kebaikan

Kebaikan adalah salah satu bentuk amal Islam terbaik dan kebaikan bisa sesederhana senyuman. Nabi Muhammad (SAW) mengatakan dalam salah satu hadis terkenal:

“Setiap perbuatan baik adalah sedekah. Sungguh, adalah perbuatan baik untuk bertemu saudaramu dengan wajah ceria, dan menuangkan apa yang tersisa dari embermu ke dalam bejana saudaramu.” (HR Tirmidzi).

Cara kita memperlakukan orang lain sama pentingnya dengan ibadah yang biasa kita lakukan (sholat, puasa, dll). Dengan mengingat hal itu, kita harus berusaha untuk secara sadar bersikap baik terhadap orang lain karena imbalan atas kebaikan berlipat ganda.

Salah satu kebiasaan yang benar-benar dapat bermanfaat bagi kita dalam jangka panjang adalah mendorong dan memotivasi mereka. Anda bisa lakukan dalam bentuk pesan singkat/panggilan telepon yang menyemangati, kata-kata yang membangkitkan semangat kepada rekan kerja atau orang asing yang kita temui di toko kelontong, atau senyuman ramah saat kita berjalan melewati seseorang.

Ingat, Anda tidak pernah tahu amal baik mana yang akan membuat kita masuk Jannah, dan bahkan perbuatan kecil dapat memiliki pahala yang besar jika dilakukan dengan niat yang murni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement