Senin 02 May 2022 16:14 WIB

Anak Keturunan Jengis Khan yang Memeluk Islam, Siapa Saja?

Sejumlah anak keturunan Jenghis Khan di kemudian hari memeluk Islam.

Pasukan Mongol (ilustrasi)
Foto:

Bagaimanapun, tidak dapat dimungkiri bahwa pendiri Dinasti Ilkhan itu berjasa dalam menetapkan Islam sebagai agama resmi kerajaan. Alhasil, ratusan ribu orang Mongol berduyun-duyun memeluk kepercayaan tauhid.

Contoh lainnya adalah Berke Khan. Salah seorang cucu Jenghis Khan itu merupakan kaisar Mongol pertama yang berislam. Pada 1250 putra Jochi Khan terse but mengikrarkan dua kalimat syahadat di hadapan seorang sufi Tarekat Kubrawiyah, Syekh Syaifuddin Bakharzi. Berbeda dengan Ghazan yang memusuhi Mamluk, ia bersekutu dengan dinasti Muslim yang berpusat di Mesir itu. Aliansi ini bertujuan melawan pasukan Hulagu Khan pada 1262.

Mengapa dan bagaimana sebuah bangsa yang semula haus darah sehingga membahayakan eksis tensi umat Islam justru menjadi yang terdepan mengibarkan panji-panji agama tauhid?

Untuk menjawabnya, terdapat beberapa hipotesis yang telah dikaji para penulis sejarah. Di antaranya adalah faktor toleransi yang sudah mentradisi di tengah bangsa Mongol setidaknya sejak zaman Jenghis Khan.

Dugaan lainnya, keakraban mereka dengan orang-orang dan budaya Turki yang terlebih dahulu mengalami Islamisasi pada awal era Dinasti Abbasiyah. Terakhir, efektifnya dakwah yang dilakukan kaum salik terhadap elite Mongol.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement