Kamis 03 Mar 2022 14:43 WIB

1 Syaban Jatuh Besok, Ini Amalan dan Doa Menyambut Bulan Syaban

Syaban merupakan bulan istimewa salah satunya sebagai bulan persiapan Ramadhan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
1 Syaban Jatuh Besok, Ini Amalan dan Doa Menyambut Bulan Syaban
Foto:

Selain doa, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak shalawat. Karena di bulan ini turun ayat tentang shalawat.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

"Di bulan Sya'ban juga terdapat satu malam yang lebih baik dari malam lainnya selain malam Lailatul Qadr, yakni malam nisfu Syaban, hanya saja tidak semua kalangan mengagungkan malam nisfu syaban ini," ujar dia kepada Republika, Kamis (3/3/2022).

Di malam Nisfu Syaban ini Rasulullah banyak melaksanakan sholat sunnah salah satunya sholat tasbih. Bagi kalangan Nahdliyin, biasanya mereka mengamalkan surat Yasin sebanyak tiga kali.

Surat Yasin ini mengandung hikmah dapat memperpanjang umur yang berkah, dapat diijauhkan malapetaka serta bala, dan menjauhkan diri dari ketergantungan selain Allah SWT. Namun, surat apapun yang dibaca asalkan membaca Alquran di bulan Syaban juga termasuk amalan utama. Dalam riwayat Ibnu Majah disebutkan,

 عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللَّهَ يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُولُ أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِي فَأَغْفِرَ لَهُ أَلَا مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ أَلَا مُبْتَلًى فَأُعَافِيَهُ أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

Dari Ali bin Abu Thalib ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila malam nisfu Sya'ban (pertengahan bulan Sya'ban), maka sholatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam, kemudian Dia berfirman: "Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rizki maka Aku akan memberinya rizki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar."

Amalan lain yang utama di bulan Syaban adalah memperbanyak puasa. Rasulullah memperbanyak puasa di luar Ramadhan adalah di bulan Syaban. 

Amalan terakhir adalah memperbanyak dzikir. Dzikir yang dapat dibaca diantaranya kalimat  tahlil, baik yang sederhana dengan lafadz La ilaha illallah maupun dzikir kalimat tahlil lengkap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement