Kamis 03 Feb 2022 05:35 WIB

12 Cara Mengajak Anak Memakai Jilbab

Mengajarkan anak memakai jilbab bukanlah perkara mudah bagi sebagian keluarga.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
12 Cara Mengajak Anak Memakai Jilbab
Foto:

8. Miliki ekspektasi tinggi yang sama terhadap anak laki-laki

Perlakukan ajaran terhadap anak laki-laki dan perempuan sama. Bila anak perempuan diajarkan sopan dan tertutup, maka ajarkan juga anak laki-laki untuk menjaga kesopanan mereka, menurunkan pandangan mereka, dan memperlakukan wanita dengan hormat. 

9. Biarkan bakatnya berkembang selama pra-pubertas dan pubertas

Bantu dia mencapai mimpinya dan mencapai potensinya. Jika dia memiliki bakat atau hasrat, peliharalah dan berinvestasi dalam persediaan yang dia butuhkan. Karena dengan kita berinvestasi di dalamnya, mereka akan merasa diberdayakan, dicintai, dan lebih bersedia mendengarkan nasihat dan terhubung dengan keluarga dan komunitas Muslim mereka.

10. Dengarkan dia

Benar-benar mendengarkan. Jika dia memiliki kekhawatiran tentang jilbab, jangan hanya memotongnya dan mengabaikan ketakutannya. Terutama jika Anda adalah seorang ayah yang tidak pernah harus menjadi seorang Muslim yang “terlihat” dalam masyarakat yang mayoritas non-Muslim, Anda tidak tahu apa yang sedang dialami oleh seorang Muslimah bercadar.

Diskusikan kemungkinan skenario dan bagaimana dia dapat merespons dengan percaya diri. Serta bicarakan tentang apa yang harus dilakukan dalam kasus bullying. Bantu dia merumuskan tanggapan yang ringkas dan benar. Yang terpenting, katakan padanya Anda akan mendapatkannya kembali apa pun yang terjadi.

11. Berpakaianlah dengan pantas

Seorang ibu akan menjadi panutan pertama putrinya. Apa yang diharapkan ada pada putri maka lakukan sejak sekarang sehingga dia dapat melihat ibunya dengan pakaian yang anggun. 

Jika Anda seorang ayah, pastikan Anda memenuhi kewajiban Islam Anda. Anak-anak dapat melihat kemunafikan dari jarak satu mil.

12. Pastikan dia tahu cinta Anda padanya tidak bergantung pada jilbabnya

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi beberapa gadis akan menggunakan jilbabnya hanya untuk mendapatkan cinta orang tua mereka atau, sebaliknya, memberontak melawan orang tua mereka dengan mengungkap. Jika Anda memiliki hubungan yang solid dan penuh kasih dengan putri Anda, dia tidak akan mengacaukan kewajiban Islamnya dengan hubungannya dengan orang tuanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement