Kamis 27 Jan 2022 00:30 WIB

Penjelasan Mengapa Islam Agama yang Logis

Islam membawa pesan mengakui ketauhidan Allah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Warga keluar dari gerbang masjid usai beribadah di Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta, Jumat (3/12). Masjid Gedhe Mataram Kotagede merupakan masjid tertua di Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada Tahun 1587 pada era Mataram Islam oleh Panembahan Senopati. Arsitektur masjid ini merupakan campuran antara Islam dengan Hindu. Kini Masjid Gedhe Mataram Kotagede menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ramai pengunjung. Penjelasan Mengapa Islam Agama yang Logis
Foto:

Ini adalah kriteria mempercayakan Muhammad untuk menyampaikan pesan Tuhan. Meskipun Nabi Muhammad tidak mempraktikkan penyembahan berhala rakyatnya, dia dikenal karena kejujurannya dan mereka memanggilnya "yang terpercaya."

Pesan Nabi Muhammad adalah tentang beriman kepada Allah SWT dan dia diutus untuk menyempurnakan akhlak sehingga hidupnya adalah soal akhlak. Rasulullah SAW bersabda, "Saya diutus untuk menyempurnakan akhlak."

Allah SWT berfirman, "Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam. (Al-Anbiya ayat 107)

Selain itu juga tidak ada ruang bagi keterlibatan setan dalam proses pewahyuan. Ini karena Alquran, yang diyakini umat Islam sebagai firman Allah SWT, mengajarkan penyembahan hanya Allah SWT dengan menaati-Nya dan tidak menaati setan.

Lalu mengapa Islam menjadi agama? Islam datang untuk menegaskan keyakinan dan praktik yang selaras dengan ajaran Alquran. Islam hanya mengubah praktik-praktik aneh yang bertentangan dengan fitrah murni umat manusia. Diutusnya Nabi Muhammad SAW dinubuatkan dalam kitab suci sebelumnya.

Ilmu pengetahuan modern menegaskan kebenaran Islam karena Alquran berbicara tentang fakta-fakta ilmiah yang berbeda yang telah ditemukan baru-baru ini. Tidak ada mitos dalam Islam. Islam sangat sederhana untuk dipeluk dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement