Kamis 27 Jan 2022 00:30 WIB

Penjelasan Mengapa Islam Agama yang Logis

Islam membawa pesan mengakui ketauhidan Allah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Warga keluar dari gerbang masjid usai beribadah di Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta, Jumat (3/12). Masjid Gedhe Mataram Kotagede merupakan masjid tertua di Yogyakarta. Masjid ini dibangun pada Tahun 1587 pada era Mataram Islam oleh Panembahan Senopati. Arsitektur masjid ini merupakan campuran antara Islam dengan Hindu. Kini Masjid Gedhe Mataram Kotagede menjadi salah satu tujuan wisata religi yang ramai pengunjung. Penjelasan Mengapa Islam Agama yang Logis
Foto:

Ketika saatnya harus tiba, Malaikat Jibril mengunjungi Nabi di dalam gua dan menyampaikan firman pertama Tuhan kepadanya. Bagi yang percaya pada agama-agama surgawi, adalah wajar jika Tuhan mengirimkan wahyu-Nya melalui malaikat. Allah SWT berfirman:

"Sesungguhnya Kami mewahyukan kepadamu (Muhammad) sebagaimana Kami telah mewahyukan kepada Nuh dan nabi-nabi setelahnya, dan Kami telah mewahyukan (pula) kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya; Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami telah memberikan Kitab Zabur kepada Dawud."

"Dan ada beberapa rasul yang telah Kami kisahkan mereka kepadamu sebelumnya dan ada beberapa rasul (lain) yang tidak Kami kisahkan mereka kepadamu. Dan kepada Musa, Allah berfirman langsung."

"Rasul-rasul itu adalah sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, agar tidak ada alasan bagi manusia untuk membantah Allah setelah rasul-rasul itu diutus. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana." (An-Nisa ayat 163-165)

Karena itu, tidak ada ruang bagi Nabi untuk "dirasuki" karena ia tidak berbeda dengan nabi-nabi sebelumnya yang menerima pesan ilahi melalui sarana komunikasi yang sama. Apa yang beliau alami hanyalah ketakutan. Beliau SAW pulang ke rumah dan meminta istrinya, Khadijah, untuk menyelimutinya.

Melihat suaminya gemetar, Khadijah meyakinkannya: "Tidak ada yang perlu ditakuti karena Tuhan tidak akan membiarkan engkau menderita penghinaan, karena engkau baik kepada kerabat, engkau berbicara kebenaran, engkau membantu siapa pun yang membutuhkan, engkau ramah kepada tamu, dan engkau membantu dalam setiap alasan yang adil."

photo
Infografis Tujuh Hak Perempuan dalam Islam - (Republika.co.id)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement