Jumat 28 Jan 2022 00:05 WIB

Jangan Lewatkan, Amalan Ringan dan Mudah pada Hari Jumat

Nabi Muhammad SAW memberikan sejumlah tuntunan dalam memuliakan hari Jumat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah usai menunaikan shalat Jumat di Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (29/10). Meski Yogyakarta sudah berstatus PPKM Level 2, Masjid Gedhe Kauman masih memberlakukan pembukaan secara terbatas hingga saat ini. Takmir masjid tidak mau terburu-buru membuka akses penuh ke Masjid Gedhe Kauman. Untuk sehari-hari masjid akan dibuka saat shalat fardhu, sedangkan untuk shalat Jumat memberlakukan pembatasan jumlah jamaah. Jangan Lewatkan, Amalan Ringan dan Mudah di Hari Jumat
Foto:

Ketiga, memakai wangi-wangian. Memakai wangi-wangian di hari Jumat itu lebih utama daripada memakainya di selain hari Jumat dari seluruh hari yang ada dalam sepekan.

Keempat, bersiwak. Bersiwak pada hari Jumat memiliki kelebihan yang tidak didapatkan saat bersiwak di selain hari Jumat.

Kelima, bersegera berangkat ke tempat sholat Jumat lebih awal guna menunaikan sholat.

Keenam, menyibukkan diri dengan sholat, berdzikir, dan membaca Alquran hingga imam keluar untuk khutbah dan sholat Jumat.

Ketujuh, diam mendengarkan khutbah. Sebab mendengar khutbah itu hukumnya wajib menurut sejumlah ulama fikih.

Kedelapan, membaca Surat Al-Kahfi. Hal ini berdasarkan pada sabda Nabi, “Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat maka akan terpancarkan cahaya dari bawah kakinya menjulang ke langit yang dapat meneranginya saat di Hari Kiamat dan diampuni dosa-dosanya (yang terjadi) antara satu Jumat ke Jumat lainnya,”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement