Jumat 21 Jan 2022 01:45 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Introspeksi Agar tak Lupa Diri

Ada beberapa cara untuk mengobati sifat sombong.

Umat Islam menjaga jarak fisik selama shalat Jumat di tengah kemudahan pembatasan COVID-19 di Masjid Agung Istiqlal di Jakarta, Indonesia, 15 Oktober 2021. Naskah Khutbah Jumat: Introspeksi Agar tak Lupa Diri
Foto:

Jamaah Jumat Rahimakumullah,

Pada dasarnya kita juga tengah menyiapkan warisan untuk generasi yang akan datang. Oleh karena itu penting bagi kita untuk bermuhasabah. Adakah kita yang sekarang ini telah menyiapkan sesuatu yang layak, atau justru merusak dan mengeksploitasi apa yang ada, sehingga berakibat buruk untuk masa yang akan datang?

Adakah mereka (generasi sesudah kita) juga masih mengumandangkan doa tersebut nantinya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menghindari diri dari sifat sombong. Merasa diri lebih berjasa, kemudian lupa dengan pengorbanan para pendahulu. Merasa diri paling berkuasa, sehingga lupa masih ada tugas untuk meneruskan amanat peradaban kepada generasi yang akan datang.

Allah SWT berfirman,

لَا جَرَمَ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّونَ وَمَا يُعْلِنُونَ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْتَكْبِرِينَ

“Tidak diragukan lagi bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka tampakkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong”(QS. An-Nahl: 23)

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement