Selasa 11 Jan 2022 13:13 WIB

Melacak Kedatangan Islam di Indochina

Islam menjadi salah satu agama yang memiliki pijakan kuat di Champa.

Melacak Kedatangan Islam di Indochina. Muslim Vietnam
Foto:

Islamisasi terjadi dengan perlahan-lahan di Champa. Kelompok yang pertama-tama masuk islam ialah para pedagang serta sejumlah orang istana.

Kedua kelompok ini merupakan yang paling intensif hubungannya dengan orang-orang asing, termasuk Muslim dari luar Champa, dari siapa mereka tampaknya belajar agama Islam. Etnis dominan di Champa, etnis Cham, adalah kelompok masyarakat yang mula-mula masuk Islam. Sebagian keturunan mereka hingga kini juga masih memeluk agama Islam.

Setelah melalui proses Islamisasi selama beberapa abad, Islam menjadi salah satu agama yang memiliki pijakan kuat di Champa. Satu catatan sejarah dari petualang Arab Al-Dimaskhi menyebut bahwa Islam, Kristen dan ‘para penyembah berhala’ adalah tiga agama yang dianut masyarakat Champa pada pertengahan abad keempat belas.

Bukti-bukti sejarah yang lebih kuat memperlihatkan bahwa ketertarikan lebih besar masyarakat Cham kepada Islam terjadi antara akhir abad kelimabelas hingga abad ketujuh belas. Mengapa demikian?

Salah satu faktor utamanya ialah kian meningkatnya peran para pedagang Muslim asing di kawasan Asia Tenggara. Para pedagang Muslim ini adalah perantara penting dalam jual-beli komoditas antara Eropa dan Asia Tenggara.

Perdagangan internasional ini membuat mereka menjadi makmur. Dalam contoh tentang Islamisasi di bagian lain Asia Tenggara, perilaku pedagang Muslim asing yang senang bekerja keras, lihai berdagang, menjauhi diri dari kesenangan berlebihan namun sangat dermawan ketika bersedekah dianggap oleh para sejarawan sebagai alasan mengapa para penduduk lokal tertarik dengan para pedagang Muslim ini. Ini mungkin juga terjadi di Champa.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement