Rabu 05 Jan 2022 05:30 WIB

Islam Terus Berkembang Pesat di Sao Paulo

Islam berkembang di di pinggiran Sao Paulo tanpa ada hubungan dengan komunitas Arab.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Ratna Ajeng Tejomukti/Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Islam Terus Berkembang Pesat di Sao Paulo. Muslim Brasil yang sebagian merupakan pengungsi Syiria menyambut Ramadan di Sao Paulo, Brazil, Kamis (17/5) waktu setempat.
Foto:

"Saya memiliki teman yang berbicara bahasa Arab dengan sangat baik. Mereka orang Brasil, tetapi mereka fasih berbahasa Arab dan mereka membaca Alquran dalam bahasa Arab," kata Barbosa, yang merupakan seorang siswa bahasa Arab, dilansir di Brazil-Arab News Agency (ANBA), Senin (4/1).

Selain itu, khutbah dalam sholat Jumat juga biasanya disampaikan imam dalam bahsa Arab. Barbosa mengatakan, beberapa masjid di Brasil menampilkan khutbah hanya dalam bahasa Arab, beberapa menyediakan terjemahan ke dalam bahasa Portugis, dan di beberapa masjid beberapa syekh berbicara bahasa Portugis Brasil dan Arab.

Menurut Barbosa, Muslim mendapatkan berkah dengan belajar melafalkan doa mereka dalam bahasa Arab atau misalnya dengan mengajari seseorang Alquran. Para penganut Islam, akhirnya memasukkan pengungkapan bahasa Arab dalam kehidupan mereka, meskipun mereka bukan Arab atau keturunannya.

Selain hubungan antara Islam dan Arab, faktor lain menjelaskan fakta bahwa Muslim paling menjaga bahasa Arab tetap hidup di Brasil. Salah satu alasannya adalah mereka berimigrasi lebih baru daripada orang Arab Kristen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement