Ahad 26 Dec 2021 05:10 WIB

Pakai Nama Belakang Suami, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Seseorang tidak boleh mengubah nama tanpa alasan dan kebutuhan yang sah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Pakai Nama Belakang Suami, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
Foto:

Dalam hukum Islam, Allah SWT pada dasarnya melarang siapa pun memutuskan ikatan keluarga biologis, baik secara praktis atau nama. Ini berlaku bahkan jika mereka ingin "menemukan kembali" diri mereka sendiri dan memberi diri mereka identitas baru untuk memulai kehidupan baru, seperti yang kadang-kadang dilakukan oleh para murtad. 

Bukan bagian dari budaya Islam bagi seorang istri menggunakan nama suaminya atau nama keluarga suaminya sebagai nama belakangnya setelah menikah. Selama masa Nabi Muhammad SAW, baik pria maupun wanita Muslim diidentifikasi menggunakan nama depan ayah biologis mereka. Mereka ditambahkan ke nama depan mereka, didahului dengan kata Arab "ibn" ("putra") atau "bint" ("putri").

Konsep menambahkan nama keluarga ke nama depan tidak ada sama sekali selama masa hidup Nabi. Sedangkan menambahkan nama suami untuk seorang istri menjadi tren saat ini yang telah diterima secara global di era saat ini.

Sadaf Farooqi, seorang penulis artikel Islam menyimpulkan akan lebih baik mendahulukan keridhaan Allah bagi seorang wanita Muslim dengan cara tidak mengubah nama keluarganya setelah nikah. Dia harus mempertahankan nama keluarga kandungnya bahkan sebagai wanita tersebut menikah.

"Ya, ini menyiratkan nama keluarganya akan berbeda dengan nama suami dan anak-anaknya, tetapi inilah yang lebih diridhai Allah. Banyak sahabat wanita Nabi Muhammad menikah dengan lebih dari satu suami dalam hidup mereka. Mereka tidak pernah mengubah nama mereka," ujarnya. 

"Saat ini, bahkan wanita non-Muslim memilih mempertahankan nama keluarga asli mereka setelah menikah atau menggunakan tanda hubung untuk menyatukan kedua nama keluarga," katanya.

 

https://aboutislam.net/counseling/ask-about-islam/use-husbands-last-name/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement