Kamis 23 Dec 2021 08:29 WIB

Mengenal Sosok Wanita-Wanita Pengasuh Nabi Muhammad SAW

Wanita yang pertama kali menyusui Muhammad setelah ibunya, Aminah, adalah Tsuwaibah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mengenal Sosok Wanita-Wanita Pengasuh Nabi Muhammad SAW
Foto:

3. Ummu Aiman

Orang tua asuh Rasulullah yang selalu mendampinginya sejak beliau masih kanak-kanak sampai menjadi pemuda dan dewasa ialah Barakah binti Tsa’labah alias Ummu Aiman di bawah pengawasan Abdul Muthalib (kakek Nabi). Ummu Aiman merupakan budak Abdullah bin Abdul Muthalib (ayah Rasulullah). 

Ummu Aiman selalu menjaga Rosulullah dan memperhatikan semua keperluannya. Melalui sosok Ummu Aiman yang terus membersamainya, Rasulullah dapat melihat bayangan Aminah. "Ummu Aiman adalah ibuku setelah ibu (kandung)ku." Kata Nabi Muhammad  

4. Fathimah binti 'Asad

Fatimah binti Asad ialah istri Abu Thalib (paman nabi Muhammad) dan ibu dari Ali karramallahu wajhah. Beliau adalah ibu angkat Rasulullah, karena setelah kakeknya meninggal Rasulullah diasuh oleh pamannya. 

Fathimah adalah wanita yang selalu bersikap baik, lembut, dan selalu memperhatikan Rasulullah. Sehingga ketika Fathimah meninggal, Rasulullah sangat sedih. Ia bahkan melepaskan bajunya dan menyelimutkan pada jenazah Fathimah. 

“Sesungguhnya, aku memakaikan bajuku kepadanya supaya dia diberikan pakaian surga, dan sesungguhnya aku berbaring di kuburannya supaya siksa kubur untuknya diperingan,” kata Rasulullah.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement