Kamis 23 Dec 2021 08:29 WIB

Mengenal Sosok Wanita-Wanita Pengasuh Nabi Muhammad SAW

Wanita yang pertama kali menyusui Muhammad setelah ibunya, Aminah, adalah Tsuwaibah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mengenal Sosok Wanita-Wanita Pengasuh Nabi Muhammad SAW
Foto:

2. Halimah As-Syadiyah

Halimah as-Sa'diyah ketika itu bersama para wanita Bani Saad pergi untuk mencari anak susuan. Saat itu merupakan tahun yang sangat sulit. la menaiki keledai yang kurus dan membawa serta seekor unta betina yang tidak bisa menghasilkan susu.

Setiap wanita yang melewati rumah Aminah (ibu Rasulullah Saw) merasa enggan karena Muhammad adalah bayi yang yatim. Mereka beranggapan tidak akan mendapatkan keuntungan besar ketika menyusui Muhammad.

Kemudian Halimah mendatangi rumah Aminah dan menyanggupi untuk menjadi ibu susuan bagi bayi Muhammad SAW. Kehadiran Nabi SAW membawa keberkahan.

Unta yang sebelumnya tidak bisa mengeluarkan susu tiba-tiba mengeluarkan susu berlimpah. Keledai-keledai kurus di pekarangan milik Halimah pun berubah menjadi keledai gemuk.

Halimah mengasuh Muhammad hingga usia dua tahun. Ketika harus mengembalikan kepada Aminah, Halimah merasa sangat kehilangan dan memohon agar diizinkan kembali mengasuh Muhammad.

Nabi Muhammad tumbuh di tengah-tengah Bani Sa'ad sampai usia lima tahun. Halimah baru mengembalikan Nabi Muhammad setelah peristiwa pembelahan dada Nabi Muhammad oleh Malaikat Jibril yang membuat Halimah merasa takut. 

Rasulullah SAW sangat menghormati Halimah, ibu asuhnya. Setiap Halimah datang, Rasulullah selalu menyambutnya dengan berkata, "lbuku, Ibuku” kemudian beliau membentangkan serbannya untuk ibu asuhnya itu.

photo
Infografis Ibu Susu Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi ibu dan anak. - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement