Rabu 22 Dec 2021 13:28 WIB

Hari Ibu, Ini Lafadz Doa untuk Orang Tua dan Cara Anak Berbakti

Merawat orang tua yang sudah memasuki usia senja adalah ladang ibadah bagi anak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Hari Ibu, Ini Lafadz Doa untuk Orang Tua dan Cara Anak Berbakti
Foto: Republika/Prayogi
Hari Ibu, Ini Lafadz Doa untuk Orang Tua dan Cara Anak Berbakti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Ibu Nasional yang ke-93 jatuh pada Rabu (22/12). Momen ini bisa menjadi peringatan bagi anak untuk selalu berbakti kepada orang tua, khususnya ibu. Islam melalui para rasulnya mengajarkan untuk berbakti kedua orang tua, terutama ibu.

Peringati momen ini, ucapkan doa kepada orang tua. Berikut lafadz doa untuk orang tua yang bisa diucapkan setiap selesai sholat, berlaku untuk orang tua yang masih hidup dan telah meninggal, dilansir NU Online, Rabu (22/12):

Baca Juga

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا 

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

 

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Apabila orang tua sudah meninggal, ada baiknya doa ditambahkan dengan doa sapu jagad, sholawat Nabi, dan surat Al-Fatihah.

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِى الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ علَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ. اَلْفَاتِحَةْ

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

“Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).”

photo
Infografis Tiga Kondisi Doa - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement