Sabtu 06 Nov 2021 05:10 WIB

Ketika Nabi Ibrahim Ingin Melihat Kekuasaan Allah SWT

Nabi Ibrahim diperintahkan untuk memotong-motong empat ekor burung.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ketika Nabi Ibrahim Ingin Melihat Kekuasaan Allah SWT
Foto:

Allah mengabulkan permohonan itu, lalu Nabi Ibrahim diperintahkan untuk memotong-motong empat ekor burung, kemudian meletakkan bagian-bagian tubuh burung tersebut pada bukit yang saling berjauhan letaknya.

Nabi Ibrahim diperintahkan untuk memanggil burung-burung yang telah dipotong-potong itu, ternyata burung-burung itu datang kepadanya dalam keadaan utuh seperti semula. Tentu saja Allah mengembalikan burung-burung itu lebih dahulu kepada keadaan semula, sehingga dapat datang memenuhi panggilan Nabi Ibrahim.

Dengan ini permohonan Nabi Ibrahim kepada Allah untuk memperlihatkan kepadanya bagaimana Allah menghidupkan kembali makhluk yang telah mati dapat terpenuhi. Sehingga hatinya merasa tenteram dan keyakinannya semakin kukuh.

Pendapat lain mengatakan bahwa Nabi Ibrahim diperintahkan agar mengambil burung-burung itu untuk dijinakkan. Kemudian Allah menyuruh Nabi Ibrahim meletakkan masing-masing burung itu di atas bukit tertentu yang berjauhan letaknya satu dengan yang lain. Sesudah itu Nabi Ibrahim diperintahkan-Nya untuk memanggil burung tersebut. Dengan suatu panggilan saja, burung itu datang kepadanya dengan patuh dan taat.

Demikian pulalah halnya umat manusia di hari akhirat nanti. Apabila Allah memanggil mereka dengan suatu panggilan saja, maka bangkitlah makhluk itu dan datang kepada-Nya serentak, dengan taat dan patuh.

Pada akhir ayat ini Allah memperingatkan Nabi Ibrahim dan semua manusia, agar mereka meyakini benar bahwa Allah Maha Kuasa dan Maha Bijaksana. Artinya kuasa dalam segala hal, termasuk menghidupkan kembali makhluk yang telah mati dan Dia Maha Bijaksana terutama dalam memberikan bimbingan dan tuntunan kepada hamba-Nya, menuju jalan yang lurus dan benar.

photo
Tiga jalan sufistik menuju Allah SWT - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement