Jumat 29 Oct 2021 14:58 WIB

Beberapa Kesalahan Imam dan Jamaah Ketika Sholat Jumat

Salah satu kesalahan adalah duduk di halaman masjid sementara ada ruang di dalam.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Beberapa Kesalahan Imam dan Jamaah Ketika Sholat Jumat
Foto:

Sedangkan kesalahan imam selama sholat Jumat adalah memperpanjang khutbah dan memperpendek sholat. Padahal dalam riwayat 'Ammar bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda: "Perpanjangan sholat (oleh Imam) dan pendeknya khutbah adalah tanda pemahamannya (iman), maka perpanjang sholatmu dan perpendek ucapanmu. Memang beberapa khutbah memiliki efek sihir (yaitu, mereka sangat kuat).” (HR Muslim).

Kesalahan selanjutnya, tidak mempersiapkan materi khutbah dengan baik dan tidak memilih topik yang tepat yang membahas masalah orang banyak. Kemudian memiliki banyak kesalahan bahasa selama khutbah atau menggunakan narasi yang lemah dan dibuat-buat, dan mengutip pendapat yang tidak disukai tanpa mencelanya.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir, ketika dia menggambarkan Nabi SAW, dia berkata, "Setiap kali Nabi SAW menyampaikan khutbah Jumat, dia akan mengangkat suaranya, matanya akan menjadi merah dan dia akan menjadi bersemangat seolah-olah dia memperingatkan orang-orang terhadap pasukan penakluk yang baru saja akan menyerang mereka." (HR Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement