Kamis 07 Oct 2021 19:56 WIB

Delapan Keutamaan Surat Yasin

Surat Yasin bisa sebagai cara untuk memohon sesuatu.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Delapan Keutamaan Surat Yasin
Foto:

5. Mendapatkan ampunan dan kebajikan di dunia dan akhirat

Zaaitul Haq juga menjelaskan bahwa salah satu keutamaan surat Yasin adalah mendapatkan ampunan dari Allah dan mendapatkan kebajikan di dunia dan akhirat. Sedangkan cara mengamalkannya adalah dengan membacanya minimal satu kali setiap hari secara istiqamah.

6. Mempermudah keluarnya ruh

Keutamaan surat Yasin selanjutnya adalah untuk mempermudah keluarnya ruh. Caranya dengan membaca surat Yasin ketika ada orang yang akan meninggal atau kesulitan dalam sakarul maut. Dalam sebuah riwayat dijelaskan,

“Apabila ada orang yang akan meninggal dunia, kemudian dibacakan surat Yasin, maka Allah akan memudahkan keluarhnya ruh.” (Hadits)

7. Mengobati penyakit

Surat Yasin juga dapat diamalkan untuk mengobati penyakit. Zaairul Hq kemudian menjelaskan cara pengamalannya. Pertama, menyiapkan benang dan air pada bejana sebelum membaca surat Yasin.

Kedua, kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Yasin satu kali. Ketika sampai pada lafal “mubin”, lalu buatlah ikatan benang dan tiup air di dalam bejana itu. Sedangkan lafal “mubin” dalam surat Yasin ada sebanyak tujuh.

Ketiga, setelah selesai membaca surat Yasin, kemudian air tersebut sebagain diminum dan sebagian diusapkan pada anggota yang sakit. Sedangkan benang yang diikat itu dikalungkan pada bahu kanannya.

8. Mengalahkan orang zalim

 

Keutamaan surat Yasin yang terakhir adalah untuk menghilangkan kejahatan orang zalim. Cara pengalamannya sendiri telah dijelaskan di dalam kitab Mujarrabat ad-Dairabi al-Kabir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement