Rabu 29 Sep 2021 06:37 WIB

Ketika Malaikat Menjauh dari Hamba

Di antara dampak maksiat adalah menjauhkan hamba dari malaikat penolongnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ketika Malaikat Menjauh dari Hamba
Foto:

Sebagian berkata: "Jika seorang hamba memasuki pagi hari, maka malaikat dan syaitan segera menghampirinya. Apabila dia berdzikir, bertahmid, dan bertahlil kepada Allah, maka malaikat pun mengusir syaitan dan menjaganya. Namun, apabila ia membuka harinya dengan selain itu, maka pergilah malaikat dan berkuasalah syaitan."

Malaikat selalu mendekati hamba hingga hukum, kemenangan, dan ketaatan menjadi miliknya. Para malaikat memeliharanya di dalam hidupnya, pada saat kematiannya, dan saat dia dibangkitkan.

Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

إِنَّ ٱلَّذِينَ قَالُوا۟ رَبُّنَا ٱللَّهُ ثُمَّ ٱسْتَقَٰمُوا۟ تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا۟ وَلَا تَحْزَنُوا۟ وَأَبْشِرُوا۟ بِٱلْجَنَّةِ ٱلَّتِى كُنتُمْ تُوعَدُونَ. نَحْنُ أَوْلِيَآؤُكُمْ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ...

"Sesungguhnya orang-orang yang berkata: 'Rabb kami adalah Allah' kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka Malaikat-Malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata): 'Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) Surga yang telah dijanjikan kepadamu.' Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat ...." (QS. Fushshilat ayat 30-31) 

Jika seseorang dijaga oleh malaikat, berarti dia telah dipelihara oleh makhluk yang paling bermanfaat, berbakti, dan suka memberikan nasihat. Malaikat tersebut meneguhkannya, mengajarkan ilmu kepadanya, dan menguatkan hatinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement