Jumat 24 Sep 2021 06:15 WIB

Berapakah Lama Masa Haid Menurut Hadits?

Sejumlah hadits menjelaskan mengenai lamanya masa haid seorang perempuan.

Berapakah Lama Masa Haid Menurut Hadits?
Berapakah Lama Masa Haid Menurut Hadits?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Syarik berkata, "Di antara kami ada seorang perempuan yang haid selama lima belas hari dalam sebulan secara normal dan sehat," (HR Thabrani).

Al-Auza'i berkata, "Di antara kami ada seorang perempuan yang haid pada pagi hari dan suci pada sore hari," (HR Daraquthni). Dalam Majma uz-Zawa id (1535), Abu Umamah meriwayatkan bahwa Nabi Saw. bersabda, "Haid yang paling sedikit adalah tiga hari dan yang paling banyak adalah sepuluh hari." (HR Thabrani)

Baca Juga

Dalam Majma uz-Zawa'id juga (1536), Abdullah bin Amru meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

الحائض تنتظر ما بينها وبين عشر، فإن رأت الطهر فهي طاهر، وإن جاوزت العشر فهي مستحاضة، تغتسل وتصلي، فإن غلبها الدم الختشت واستقرت وتوضأت لكل صلاة، وتنتظر النفساء ما بينها وبين أربعين، فإن رأت الطهر فهي طاهر، وإن جاورت الأربعين فهي بمنزلة المستحاضة، تغتسل وتصلي، فإن غلبها الدم اختشت واستقرت وتوضأت لكل صلاة.

 

"Perempuan yang haid menunggu sampai sepuluh hari. Apabila dia mendapatkan kesucian maka dia telah suci. Dan apabila dia melewati sepuluh hari itu maka dia istihadah. Hendaklah dia mandi dan mengerjakan shalat. Apabila darahnya banyak maka hendaklah dia memakai penyumpal dan pembalut serta berwudhu untuk setiap shalat. Dan yang perempuan nifas menunggu sampai empat puluh hari. Apabila dia mendapatkan kesucian maka dia telah suci. Dan apabila dia melewati empat puluh hari maka dia seperti perempuan yang istihadah. Hendaklah dia mandi dan mengerjakan shalat. Apabila darahnya banyak maka hendaklah dia memakai penyumpal dan pembalut serta berwudhu untuk setiap shalat," (HR Thabrani; hadis dhaif).

sumber : Panduan Shalat An-Nisaa Menurut Empat Mazhab oleh Abdul Qadir Muhammad Manshur
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement