Kamis 23 Sep 2021 17:58 WIB

Menengok Riwayat Islam di Ujung Selatan Afrika (2-Habis)

Islam di selatan Afrika baru berumur sekitar tiga abad.

Menengok Riwayat Islam di Ujung Selatan Afrika (2-Habis). Ilustrasi Muslim Afrika
Foto:

Bila di Afrika Selatan Islam dibawa oleh Muslim asal Indonesia, maka di Botswana para pedagang Muslim asal Indialah yang memperkenalkan agama Islam ke sana. Catatan paling awal menyebut mereka hadir di Botswana pada tahun 1882.

Mereka membangun hunian yang kemudian menjadi perkampungan Muslim tertua di Bostwana. Perkampungan itu terletak di Ramotswa, sebuah desa di tenggara Botswana. Masjid pertama di Bostwana baru berdiri tahun 1967, atau setelah agama Islam hidup di Botswana selama hampir satu abad.

Di luar kedua negara di atas, Islam eksis pula di Swaziland, yang dikenal juga sebagai Eswatini. Negara kecil yang berada di sebelah timur Afrika Selatan ini berpenduduk mayoritas Kristen.

Islam membentuk dua persen populasinya dewasa ini. Di zaman kolonialisme dulu negeri ini berada di bawah penjajahan Inggris.

Imigran Muslim paling awal yang datang ke sini juga berasal dari wilayah-wilayah jajahan Inggris lainnya, khususnya India dan Afrika Selatan. Belakangan, datang pula imigran dari negara Afrika lain yang berpenduduk Muslim, seperti Somalia dan Sudan.

Penduduk lokal Eswatini juga ada yang menganut agama Islam. Pengakuan terhadap Islam di Eswatini akhirnya datang dengan ditetapkannya Islam sebagai salah satu agama resmi di negara ini pada tahun 1972. Habis

Sumber: Majalah SM Edisi 7 Tahun 2019

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement