Rabu 22 Sep 2021 12:40 WIB

Pemilik Dua Ikat Pinggang: Asma binti Abu Bakar (1)

Asma termasuk wanita unggulan, terkenal dengan kecerdasan, dan kemuliaannya.

Pemilik Dua Ikat Pinggang: Asma binti Abu Bakar (1)
Foto: Pixabay
Pemilik Dua Ikat Pinggang: Asma binti Abu Bakar (1)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT berfirman, Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufik) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan Allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikit pun tidak akan dianiaya (dirugikan) (al-Baqarah [2]: 272).

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil (al-Mumtahanah [60]: 8).

Baca Juga

Nama lengkapnya Ummu Abdullah Asma binti Abu Bakar, Abdullah ibn Abi Quhafah, 'Utsman ibn 'Amir ibn Amr ibn Ka'b ibn Sa'd ibn Taim,' al-Quraisyiyyah, al-Taimiyyah, al-Makkiyyah, al-Madaniyyah. Seorang sahabat wanita terkemuka yang turut berhijrah, sosok wanita cerdas, bijak, mulia, sekaligus wanita penyair dan pembuat prosa.

la juga termasuk wanita unggulan, tokoh besar, terkenal dengan kecerdasannya, kemuliaan hatinya, dan kekuatan pendiriannya. Dan ia merupakan sahabat yang terakhir wafat.

 

la dilahirkan di Makkah, tepatnya 27 tahun sebelum peristiwa Hijrah. Hal ini kembali ditegaskan oleh Abu Nu'aim, Asma binti Abu Bakar dilahirkan 27 tahun sebelum Hijrah. Sedangkan ayahnya sewaktu ia lahir berusia dua puluh tahun lebih.

Ibunya bernama Qailah. Asma adalah saudara sekandung 'Abdullah ibn Abu Bakar. Usianya 10 tahun lebih tua daripada saudari seayahnya, 'Aisyah.

Asma juga dijuluki "Dzatu Nithaqain," pemilik dua ikat pinggang. Diceritakan, ia membelah ikat pinggangnya jadi dua. Yang satu kemudian ia gunakan sebagai bungkus makanan Rasulullah SAW, yang satu lagi sebagai bungkus geriba beliau pada malam beliau bersama Abu Bakar berangkat ke gua. Bersambung

Baca juga:

Pemilik Dua Ikat Pinggang: Asma binti Abu Bakar (5)

Pemilik Dua Ikat Pinggang: Asma binti Abu Bakar (6-Habis)

sumber : Ensiklopedia Wanita Al-Qur'an oleh Imad al-Hilali terbitan Qaf Media Kreativa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement