Jumat 10 Sep 2021 11:07 WIB

Alasan Mengapa Wudhu Sebelum Tidur Sangat Dianjurkan

Wudhu sebelum tidur merupakan salah satu sunnah yang baik

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Wudhu sebelum tidur merupakan salah satu sunnah yang baik. Ilustrasi Berwudhu
Foto: EPA-EFE/BILAWAL ARBAB
Wudhu sebelum tidur merupakan salah satu sunnah yang baik. Ilustrasi Berwudhu

REPUBLIKA.CO.ID, – Sesungguhnya setiap malam nyawa manusia diambil  Allah SWT dan manusia tidak mempunyai jaminan apakah pagi hari esok nyawanya akan dikembalikan atau tidak. 

Karena itu, sebelum tidur hendaknya kaum Muslimin mengamalkan wudhu. Allah SWT berfirman:

Baca Juga

لّٰهُ يَتَوَفَّى الْاَنْفُسَ حِيْنَ مَوْتِهَا وَالَّتِيْ لَمْ تَمُتْ فِيْ مَنَامِهَا ۚ فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضٰى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْاُخْرٰىٓ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Allah memegang nyawa (seseorang) pada saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur; maka Dia tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia lepaskan nyawa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.” (QS Az Zumar ayat 42).

Dalam buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan terbitan Zikrul Hakim, Syekh Ali Jaber menjelaskan, jika umat Islam tidur dalam keadaan berwudhu, maka ruhnya akan mampu bersujud di hadapan Allah SWT. Namun, menurut dia, siapapun tidak mempunyai jaminan bahwa ruhnya akan dikembalikan lagi oleh Allah.

Karena itu, Syekh Ali Jaber menganjurkan kepada umat Islam untuk mengamalkan wudhu sebelum tidur. “Lalu kita kita angkat tangan, kita memohon ampunan kepada Allah SWT, dan memaafkan semua orang yang pernah berbuat salah kepada kita,” tulisnya.

Seandainya malam itu adalah malam yang terakhir karena meninggal dunia, maka qalbu orang yang wudhu sebelum tidur tersebut sudah bersih. 

Menurut Syekh Ali Jaber, memaafkan orang sebelum tidur, menghalalkan dan menikhlaskan dunia akhirat akan membuat hati seseorang menjadi bersih secara lahir dan batin.

Baca juga : Alasan Mengapa Dilarang Kencing ke dalam Lubang di Tanah

Syekh Ali Jaber mengatakan, seorang mukmin yang menjaga wudhu adalah mukmin yang sempurna imannya. Maka, dia pun berpesan kepada umat Islam untuk selalu menjadi wudhunya. Dari Tsauban, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda: 

 استقيموا ، ونعِمَّا إنِ استقمتُمْ ، وخيرُ أعمالِكم الصلاةُ ، ولا يحافظُ على الوضوءِ إلَّا مؤمنٌ “Beristiqamahlah kalian, dan sekali-kali kalian tidak akan dapat menghitung (pahala)nya. Dan ketahuilah, sesungguhnya amalan kalian yang paling utama adalah sholat, dan tidak ada yang menjaga wudhu kecuali orang mukmin.” (HR Ibnu Majah).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement