Rabu 01 Sep 2021 05:45 WIB

6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Makam Nabi Muhammad

Makam Rasulullah SAW adalah kamar beliau dan istrinya, Aisyah RA.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
6 Hal yang Perlu Diketahui tentang Makam Nabi Muhammad. Kubah hijau di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi menjadi tanda di bawahnya terdapat makam Rasulullah saw dan dua sahabat mulia, Abu Bakar dan Umar bin Khattab.
Foto:

6. Rasulullah Dimakamkan Persis di Tempat Beliau Wafat

Makam Nabi SAW digali di bawah tempat tidur di mana dia wafat. Terdapat perdebatan antarsahabat saat hendak memilih lokasi untuk memakamkan Rasulullah SAW.

Sebagian sahabat menyarankan agar menempatkannya di mimbar tempat beliau berkhutbah atau di mihrab tempat beliau menjadi imam sholat. Beberapa dari mereka mengatakan untuk menempatkannya di Baqi', makam tertua di Madinah dan tempat di mana keluarga serta sahabat Rasulullah dimakamkan.

Akan tetapi, Abu Bakar datang dan menengahi perdebatan tersebut. Dia berkata bahwa dia mendengar Nabi SAW bersabda bahwa "Seorang Nabi tidak pernah dikuburkan di tempat lain selain tempat di mana dia meninggal."

photo
Inilah lokasi rumah nabi yang kini menjadi komples makam nabi Muhammad Sawa besrta dua orang sahabatnya. Di sanalah nabi tinggal bersama Aisyah. Rumah nabi sebenarnya hanya sebuah amar yang kecil dan se derhana. - (saudigazette)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement