Ahad 08 Aug 2021 10:16 WIB

Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Islam

Tahun baru Islam dimulai dari hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Islam
Foto:

Proses hijrah ini lantas dianggap sebagai salah satu peristiwa terpenting adalah sejarah Islam dan dipilih sebagai titik awal penanggalan pada 639 M oleh Umar ibn al-Khattab, khalifah kedua. Meskipun tidak ada perayaan besar yang diadakan di sebagian besar negara mayoritas Muslim, banyak negara memutuskan waktu ini sebagai hari libur untuk memperingatinya. Negara yang mengadopsi hal ini antara lain Uni Emirat Arab, Indonesia, Arab Saudi, dan Tunisia.

Sepuluh hari pertama Muharram memiliki makna yang cukup besar bagi umat Islam, terutama Muslim Syiah, yang berduka atas kematian Husain Ibn Ali al-Hussein, cucu Nabi Muhammad yang meninggal pada Pertempuran Karbala pada 680 M. Kematian al-Hussein terjadi pada 10 Muharram, yang dikenal secara luas sebagai Ashoura.

Hari ini diperingati oleh Muslim Syiah dalam beberapa cara, termasuk dengan ekspresi publik berkabung dan mengunjungi kuil al-Hussein di Karbala, Irak. Sementara beberapa Muslim Sunni menandai hari itu dengan berpuasa.

Tahun lalu, beberapa negara Muslim membatasi aktivitas di hari Ashoura, sebagai bentuk untuk membantu mengendalikan penyebaran Covid-19. Langkah-langkah serupa kemungkinan akan diambil tahun ini, terlebih ketika varian Delta melonjak di seluruh dunia, termasuk di negara-negara mayoritas Muslim.

Hari Asyura juga penting karena itu adalah momen ketika Nabi Nuh AS meninggalkan bahtera dan Nabi Musa AS diselamatkan dari kekejaman Firaun pemimpin Mesir, oleh Allah SWT. 

 

https://www.aljazeera.com/news/2021/8/6/islamic-new-year-what-you-need-to-know

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement