Senin 28 Jun 2021 05:50 WIB

Saat Unta Bersujud kepada Rasulullah

Pentingnya bersikap lemah lembut terhadap hewan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Saat Unta Bersujud kepada Rasulullah. Ilustrasi
Foto:

Rasulullah berjalan perlahan ke arahnya. Penduduk Anshar memperingati, “Wahai Rasulullah, hati-hati. Unta itu kini buas. Kami khawatir akan terjadi sesuatu pada baginda.”

Rasulullah segera membalas “Tidak usah khawatir. Aku akan baik-baik saja.” Ketika unta melihat Rasulullah yang datang menghampirinya, seketika ia langsung bersujud kepada beliau.

Kemudian Rasulullah memegang jambulnya. Unta yang tadinya rewel, kini bisa tunduk di hadapan Rasulullah. Berkat itu, unta bisa membantu penduduk Anshar mengairi perkebunan.

Melihat kejadian ini, para sahabat berkata kepada Rasulullah, “Jika hewan yang tidak berakal ini sujud kepadamu, maka kami manusia yang berakal tentu lebih pantas untuk bersujud.” Rasulullah bersabda, “Tidakkah sepatutnya engkau takut kepada Allah dalam memperlakukan unta yang diamanatkan Allah kepadamu. Sesungguhnya ia telah mengadu kepadaku bahwa engkau tidak memberinya makan dan memeras tenaganya,” (HR Muslim). Dalam riwayat tersebut ada indikasi pentingnya bersikap lemah lembut terhadap hewan dan memperhatikan kondisi kesehatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement