Kamis 17 Jun 2021 10:12 WIB

Ragu Jumlah Rakaat Sholat, Harus Bagaimana?

Ulama dari berbagai mazhab mengemukaan pendapatnya.

Ragu Jumlah Rakaat Sholat, Harus Bagaimana?
Foto:

Contoh, seseorang ketika sholat ragu-ragu antara dua rakaat dan tiga rakaat. Sesudah menyelesaikan dua sujud, ia harus menetapkan atas jumlah yang lebih banyak dan menyempurnakan sholat, kemudian sholat ihtiyath dua rakaat sambil duduk atau satu rakaat sambil berdiri.

Jika ia ragu-ragu antara tiga rakaat atau empat rakaat, ia harus menetapkan empat rakaat, kemudian ia sempurnakan shalatnya, lalu mengerjakan shalat ihtiyath satu rakaat sambil berdiri atau dua rakaat sambil duduk.

Jika ia ragu-ragu antara dua rakaat dan empat rakaat, hendaklah ditetapkannya empat rakaat, kemudian ia kerjakan shalat ihtiyath dua rakaat sambil berdiri. Dan, jika ragu-ragu antara dua rakaat, tiga rakaat, dan empat rakaat, hendaklah ditetapkannya empat rakaat, kemudian ia kerjakan sholat ihtiyath dua rakaat sambil berdiri dan dua rakaat sambil duduk.

Hal itu, menurut mazhab Imamiyah, adalah untuk menjaga hakikat sholat dan menghindarkan penambahan dan pengurangan dalam sholat. Jelasnya adalah seperti yang disebutkan dalam contoh berikut: orang yang ragu-ragu antara tiga rakaat dan empat rakaat, lalu ia menetapkannya empat rakaat, setelah itu (seusai sholat) ia mengerjakan satu rakaat secara terpisah. 

Seandainya sholat yang sudah dikerjakannya itu sempurna, satu rakaat terpisah yang ia kerjakan tadi dianggap sebagai nafilah (sholat sunnah). Dan, jika memang sholatnya kurang satu rakaat, rakaat terpisah tadi adalah sebagai pelengkapnya.  

"Bagaimanapun, sholat ihtiyath dengan cara demikian hanya terdapat dalam mazhab Imamiyah,'' kata Muhammad Jawad Mughniyah dalam buku Fiqih Lima Mazhab. 

Artikel ini pernah tayang di Harian Republika pada Jumat, 30 Desember 2011.

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement