Rabu 09 Jun 2021 09:02 WIB

Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari

Nabi Muhammad SAW selalu menjadi orang pertama yang menyapa orang lain.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari
Foto:

Setiap kali Nabi Muhammad SAW mengunjungi seseorang, pertama-tama, ia akan menyapanya dan kemudian meminta izinnya untuk memasuki rumah. Ia berpesan kepada masyarakat agar mengikuti tata krama ini dan tidak merasa terganggu jika ada yang menolak memberikan izin karena kemungkinan besar yang bersangkutan sedang sibuk dan tidak bermaksud tidak hormat.

Tidak ada jenis pekerjaan rumah tangga yang terlalu rendah atau terlalu tidak bermartabat baginya. Aisyah pernah mengatakan, "Nabi selalu membantu pekerjaan rumah tangga dan kadang-kadang memperbaiki pakaiannya, memperbaiki sepatunya dan menyapu lantai. Dia akan memerah susu, menambatkan, dan memberi makan hewannya dan melakukan belanja rumah tangga."  (Al-Bukhari)

Bahkan Nabi Muhammad SAW tidak segan-segan melakukan pekerjaan kasar orang lain, khususnya anak yatim dan janda (An-Nasa'ee, Ad-Darami). Suatu ketika ketika tidak ada anggota laki-laki di rumah sahabat Khabab Ibn Al-Arat yang pergi ke medan perang, dia biasa pergi ke rumahnya setiap hari dan memerah susu ternaknya untuk penduduk (Ibn Saad).

photo
Infografis Surat Pendek Penangkal Sihir yang Dibaca Rasulullah - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement