Rabu 09 Jun 2021 09:02 WIB

Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari

Nabi Muhammad SAW selalu menjadi orang pertama yang menyapa orang lain.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari
Foto:

Hal itu seperti yang dilaporkan dalam buku-buku Abu Dawud dan At-Tirmizi. Dia tidak suka orang-orang bangun untuknya dan biasa berkata, "Biarkan dia, yang suka orang berdiri untuk menghormatinya, dia harus mencari tempat di neraka". (Abu Daud).

Namun, Nabi Muhammad SAW sendiri akan berdiri ketika ada pejabat yang datang kepadanya. Dia berdiri saat menerima pengasuh yang telah membesarkannya ketika bayi dan membentangkan seprainya sendiri untuknya. Bahkan kakak angkatnya mendapat perlakuan serupa. 

Nabi Muhammad SAW menghindari duduk di tempat yang menonjol dalam sebuah pertemuan sedemikian rupa sehingga orang-orang yang datang kesulitan melihatnya dan harus bertanya yang mana Nabi. Cukup sering orang Baduy yang kasar menyapanya dengan cara mereka sendiri yang kasar dan tidak sopan, tetapi dia tidak pernah tersinggung. (Abu Daud)

Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW biasa mengunjungi orang sakit yang paling miskin dan menasihati semua Muslim untuk melakukan hal yang sama (Al-Bukhari). Dia akan duduk dengan orang yang paling rendah hati mengatakan kebenaran sajalah yang menjadi kriteria keunggulan seseorang atas yang lain. 

Dia selalu mengundang orang-orang, baik itu budak, pelayan, maupun orang-orang beriman yang paling miskin, untuk ikut makan bersamanya dengan makanannya yang sedikit. (At-Tirmizi)

photo
Empat Cara Rasulullah Perlakukan Tawanan - (Al Bidayah wa An Nihayah karya Ibnu Katsir)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement