Rabu 09 Jun 2021 09:02 WIB

Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari

Nabi Muhammad SAW selalu menjadi orang pertama yang menyapa orang lain.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Perilaku dan Kebiasan Nabi Muhammad Sehari-hari
Foto:

Nabi Muhammad SAW juga pernah berdoa, "Ya Allah. Saya hanyalah seorang manusia. Jika saya menyakiti seseorang dengan cara apa pun, maka maafkan saya dan jangan hukum saya". (Ahmad)

Nabi SAW selalu menerima orang dengan sopan dan menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Dia menyatakan menghormati orang tua sama dengan menunjukkan pemuliaan kepada Allah.

Nabi Muhammad SAW bahkan tetap sopan kepada orang jahat. Dikatakan seseorang datang ke rumahnya dan meminta izin masuk. Menurutnya, dia bukan orang baik, tetapi diterima. Ketika dia masuk dan selama dia tinggal di rumah, dia diperlihatkan kesopanan penuh. 

Kemudian ketika dia pergi Aisyah berkata: "Kamu tidak menganggap baik orang ini, tetapi kamu memperlakukannya dengan sangat baik". Nabi menjawab, "Dia adalah orang jahat di sisi Allah yang tidak berperilaku sopan dan orang-orang menjauhinya karena perilakunya yang buruk." (Al-Bukhari)

Nabi Muhammad SAW juga selalu menjadi orang pertama yang menyapa orang lain. Dia tidak akan menarik tangannya dari jabat tangan sampai orang itu menarik tangannya. Jika seseorang ingin mengatakan sesuatu di telinganya, dia tidak akan berpaling sampai dia selesai. 

photo
Infografis Minuman yang Paling Disukai Rasulullah - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement