Selasa 01 Jun 2021 04:32 WIB

Grup Band Perempuan di Kashmir Bertekad Hidupkan Musik Sufi

Musik sufi banyak dimainkan para pemuda di Khasmir.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agung Sasongko
Grup Musik Sufi di Khasmir.
Foto: TRT World
Grup Musik Sufi di Khasmir.

REPUBLIKA.CO.ID, Lima gadis yang mengenakan pheran (baju tradisional Kashmir) dan kerudung warna-warni duduk melingkar, memegang alat musik. Mereka semua bernyanyi serempak, memainkan instrumen mereka dan mengisi udara dengan suara merdu. Pegunungan Himalaya yang menjadi latar belakang mereka memberikan sentuhan dunia lain pada musik yang dimainkan.

Dilansir dari Turkish Radio and Television (TRT World), grup tersebut terdiri dar Irfana Yousuf Beigh yang menjadi musisi utama, memetik akord pada santoor, alat musik tradisional khas anak benua India. Rekan penampilannya ada di tabla, drum tangan, dan Saaz-e-Kashmir, alat musik gesek dengan busur.

Baca Juga

Mereka semua adalah bagian dari grup musik khusus perempuan di wilayah Jammu dan Kashmir di India Utara, wilayah yang disengketakan India dan Pakistan.

Band ini memainkan Sufiyana Musiqi (musik Sufi), genre musik yang secara tradisional lebih banyak dimainkan kaum pria. Maklum saja, ribuan orang di Kashmir memang mengikuti Sufisme, sebuah bentuk aliran dalam Islam yang didasarkan pada perdamaian, toleransi, dan pluralisme, yang pengikutnya mencari kedamaian spiritual melalui musik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement