Selasa 25 May 2021 04:40 WIB

Menemukan Berbagai Keindahan Islam (Bagian I)

Keindahan yang didapatkan dalam Islam yang membedakan dari agama lain.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Lafadz Allah
Foto:

5. Islam Agama Logis

Rasulullah SAW bersabda:

 "Aku telah menciptakan hamba-Ku sebagai orang yang memiliki kecenderungan alami untuk menyembah Allah tetapi Setanlah yang membuat mereka menjauh dari agama yang benar," (HR. Muslim)

Islam sering disebut sebagai deen al-fitrah, agama kodrat manusia, karena hukum dan ajarannya sangat selaras dengan kecenderungan alamiah manusia untuk beriman dan tunduk kepada Sang Pencipta.

Semua manusia lahir dalam keadaan alamiah berserah diri kepada Allah, namun menjadi sesat untuk beriman dan beribadah sebagai pemeluk agama lain.  Jika kita kembali ke keadaan alami itu, maka kita berada dalam keadaan Islam.

6. Pemurnian Hati dan Jiwa (Tazkiyah)

Islam memelihara hati dan jiwa.  Memurnikan diri sendiri juga sangat mudah dilakukan dengan membaca dan merenungkan makna yang ditemukan dalam Alquran dan Sunnah, dan berpegang pada lima rukun Islam. Berdoa juga bisa menghapus dosa kita.

7. Kesetaraan dan Rasa Hormat

Islam mengajarkan umat manusia untuk menghormati semua orang di bumi, terlepas dari warna kulit, status sosial, dll.  Allah memberi tahu kita bahwa tidak ada yang lebih besar dari yang lain kecuali dalam kesalehan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement