Senin 24 May 2021 04:21 WIB

Delapan Cara Mempertahankan Amalan Usai Ramadhan 

Teruslah bersedekah untuk mendapatkan segala kebaikan.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah
Delapan Cara Mempertahankan Amalan Usai Ramadhan. Ilustrasi Sedekah
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Delapan Cara Mempertahankan Amalan Usai Ramadhan. Ilustrasi Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para psikolog setuju seseorang perlu sekitar tiga pekan untuk mengembangkan kebiasaan yang baik. Jika Anda telah berdoa secara teratur, berpuasa, mengendalikan emosi, berusaha lebih sabar, atau menjaga kebiasaan baik lainnya selama Ramadhan, Insya Allah, Anda bisa melakukannya sesudahnya.

Berikut ini delapan hal yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan kebiasaan baik selama Ramadhan, seperti dikutip About Islam.

Baca Juga

Puasa dua kali sepekan

Coba puasa dua hari sepekan setelah Ramadhan. Berpuasa tidak hanya akan membantu memperbaiki diri secara rohani, tetapi juga pada tingkat kesehatan. Riset ilmiah telah memperlihatkan puasa yang sesekali bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

 

Berpuasa juga terbukti menghasilkan manfaat fisik dan mental, seperti meningkatkan daya ingat, tidur, konsentrasi, dan energi. Berpuasa sesekali juga terbukti mempercepat kegiatan dan pertumbuhan sel saraf. Untuk mengikuti sunnah Nabi, cobalah berpuasa pada Senin dan Kamis.

Abu Hurairah melaporkan Nabi SAW bersabda: "Amal perbuatan disampaikan pada Senin dan Kamis, dan saya senang amal saya disajikan saat saya berpuasa." (Tirmidzi)

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement