Jumat 21 May 2021 05:59 WIB

Jarang yang Tahu, Ini 7 Masjid di Kompleks Al Aqsa Palestina

Kompleks Masjid Al Aqsa Palestina mempunyai masjid-masjid kecil di dalamnya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Kompleks Masjid Al Aqsa Palestina mempunyai masjid-masjid kecil di dalamnya. Pemakaman Pintu Rahmat di Masjid Al Aqsa
Foto:

Masjid Marwani 

Masjid Al Marwani terletak di sebelah tenggara Masjid Al Aqsa dan terdiri dari 16 galeri batu dan 11 pintu, sedangkan dibedakan dengan atapnya yang besar yang lebih besar dari langit-langit Masjid Kubah Batu. 

Kapel ini awalnya dibangun Umayyah untuk digunakan sebagai permukiman bagi dataran tinggi Yerusalem. Namun, Tentara Salib kemudian mengubahnya menjadi kandang kuda dan menyebutnya "Kandang Sulaiman," tetapi setelah pembebasan Yerusalem, Salahuddin mengembalikan tempat itu ke era sebelumnya. 

Adapun alasan namanya, itu untuk menghormati Khalifah Umayyah Marwan Ibn Al Hakam atas peran besar yang dia mainkan dengan putra-putranya setelah dia dalam membangun kembali Masjid Al Aqsa.

Masjid Al Buraq 

Masjid Al Buraq terletak di barat daya Masjid Al Aqsa, tepatnya di dekat Gerbang Mughrabi.

Masjid itu dinamai dengan nama itu.  Karena dia menjadi saksi perjalanan Nabi Muhammad SAW pada malam Isra dan Miraj, yang menaiki makhluk bernama "Al Buraq". 

Menurut sumber lain, dikatakan bahwa alasan penamaan masjid adalah karena malaikat Jibril mengikat Buraq ke dinding masjid, dan cincin tempat dia diikat masih ada di dinding.

Masjid ini sangat penting bagi orang Yahudi, yang percaya bahwa itu adalah satu-satunya sisa "Kuil Sulaiman" yang dihancurkan Nebukadnezar II.

Masjid Maghribi

Sedangkan untuk Masjid Maghribi terletak di sudut Barat daya Masjid Al Aqsa dan Selatan Masjid Buraq, dibangun Salahuddin Al Ayyubi pada 590 Hijriyah atay 1193 masehi tempat Maliki doa diadakan. 

Masjid ini berbentuk persegi panjang dari Utara ke selatan dan memiliki dua pintu, pintu tertutup di sudut utara, dan pintu terbuka dari sisi timur.

Masjid Wanita 

Masjid Wanita terletak di sudut Barat daya Masjid Al Aqsa, dan konon sejarah konstruksinya berawal dari era pendudukan Tentara Salib.  Itu mungkin dibangun sebagai gereja sebelum Salahuddin Al Ayyubi membebaskan Yerusalem dan mengubahnya menjadi masjid untuk wanita. 

Masjid Wanita dibagi menjadi tiga bagian, yakni bagian pertama yang menempel pada Museum Islam dan terletak di sebelah barat masjid. Bagian kedua adalah perpustakaan Islam Al Aqsa yang terletak di tengah masjid. digunakan sebagai gudang dan terletak di sebelah timur masjid.

 

 

Sumber: arabicpost 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement