Sabtu 08 May 2021 04:47 WIB

Allah Memperkenalkan Seruan Mengimani Alquran

Perhatikan petunjuk yang ada dalam Alquran.

Allah Memperkenalkan Seruan Mengimani Alquran
Foto:

Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. (Qs Al Baqarah 24)

وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَآ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

wallażīna kafarụ wa każżabụ bi`āyātinā ulā`ika aṣ-ḥābun-nār, hum fīhā khālidụn

Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya. (Qs Al Baqarah 39)

Kelima, Janganlah menjual ayat-ayat Allah dengan harga murah, Ayat yang senada dengan ini adalah Qs Al Baqarah ayat 16  yang membeli kesesatan dengan petunjuk. Dengan menjual belikan ayat ini, orang tersebut termasuk orang yang tidak beruntung.

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اشْتَرَوُا الضَّلٰلَةَ بِالْهُدٰىۖ فَمَا رَبِحَتْ تِّجَارَتُهُمْ وَمَا كَانُوْا مُهْتَدِيْنَ

ulā`ikallażīnasytarawuḍ-ḍalālata bil-hudā fa mā rabiḥat tijāratuhum wa mā kānụ muhtadīn

Mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk. Maka perdagangan mereka itu tidak beruntung dan mereka tidak mendapat petunjuk.(Qs Al Baqarah 16)

Keenam,  bertakwalah hanya kepada Allah SwT. Untuk bisa bertakwa kepada Allah, hendaklah kita menyembah Allah SwT (Qs Al Baqarah ayat 21) dan juga berpegangan kepada Kitab Al Qur’an sebagaimana tersurat pada Qs Al Baqarah ayat 2 di atas.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ وَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

yā ayyuhan-nāsu’budụ rabbakumullażī khalaqakum wallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.(Qs Al Baqarah 21)

Lalu apa yang bisa kita ambil dari pelajaran di atas? Ajaran Nabi Muhammad saw adalah meneruskan dan menyempurnakan ajaran Nabi-nabi sebelumnya, termasuk ajaran Nabi-nabi Bani Israil. Karenanya, ajaran Nabi-nabi Bani Israil yang direproduksi oleh Nabi Muhammad saw adalah juga untuk umat Nabi Muhammad saw. Karenanya, kita harus memperhatikan petunjuk yang ada dalam Al Quran. Jika ada perintah kita kerjakan dan jika ada larangan kita tinggalkan. Waallahu a’lam bisshawab

https://suaramuhammadiyah.id/2021/04/29/allah-memperkenalkan-47-seruan-untuk-mengimani-al-quran/

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement