Sabtu 08 May 2021 04:47 WIB

Allah Memperkenalkan Seruan Mengimani Alquran

Perhatikan petunjuk yang ada dalam Alquran.

Allah Memperkenalkan Seruan Mengimani Alquran
Foto:

Sedangkan pada Qs Al Baqarah 41 ini terdapat tiga perintah pula: Pertama, berimanlah  kepada Al-Qur’an dan jangan menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Kedua, Janganlah menjual ayat-ayat Allah dengan harga murah, dan Ketiga,  bertakwalah hanya kepada Allah SwT.

Dengan demikian jika diurutkan hingga ayat 41 ini, terdapat 6 pesan untuk Bani Israil: Pertama, untuk mengingat nikmat Allah yang tekah diberikan kepada Bani Israil. Kedua, Agar memenuhi janjinya kepada Allah SwT. Ketiga, Agar hanya takut kepada Allah SwT saja. Keempat, berimanlah  kepada Al-Qur’an dan jangan menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Kelima, Janganlah menjual ayat-ayat Allah dengan harga murah, dan Keenam,  bertakwalah hanya kepada Allah SwT.

Pertama, untuk mengingat nikmat Allah yang tekah diberikan kepada Bani Israil. Agar Bani Israil dapat merasakan nikmat Allah SwT dan termasuk golongan yang tergambar pada Qs Al Fatihah ayat 6 dan 7, dapat petunjuk jalan yang lurus yang merupakan jalannya orang yang telah diberi nikmat oleh Allah SwT:

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ

ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

Tunjukilah kami jalan yang lurus, (Qs Al Fatihah 7)

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا

الضَّاۤلِّيْنَ

ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. (Qs Al Fatihah 7).

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement