Sabtu 27 Mar 2021 21:12 WIB

Jangan Gunakan Dana Salah Transfer, Ini Alasannya

Pastikan terlebih dahulu sumber dana akibat salah transfer

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Pastikan terlebih dahulu sumber dana akibat salah transfer. Ilustrasi salah transfer
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Pastikan terlebih dahulu sumber dana akibat salah transfer. Ilustrasi salah transfer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Beberapa waktu lalu seorang nasabah perbankan asal Surabaya harus berurusan dengan aparat penegak hukum setelah dilaporkan menggunakan dana salah transfer yang masuk rekening pribadinya. Padahal nasabah tersebut sudah memperoleh pemberitahuan dari pihak bank dan memintanya segera mengembalikan.  

Berkaca dari kasus itu, bolehkah menggunakan dana salah transfer? Bagaimana bila pemilik dana menagih, apakah harus dikembalikan semuanya? Bagaimana tuntunan syariat Islam bila mendapat dana yang tidak jelas asal usulnya? 

Baca Juga

Pakar fiqih dan ekonomi syariah yang juga menjabat Sekretaris Bidang Perbankan Syariah, Badan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (BPH DSN MUI), Ustadz Muhammad Maksum, menjelaskan dana salah transfer adalah milik nasabah yang salah mentransfer dan bukan hak nasabah yang menerima dana salah transfer tersebut.

Sehingga nasabah penerima dana salah transfer itu pun tidak boleh menggunakan dana tersebut. Karena dalam Islam ketentuan terkait suatu kepemilikan haruslah jelas status dan sebabnya. Semisal karena sebab hibah atau hadiah, jual beli, atau sebab perpindahan kepemilikan lainnya.  

Ustadz Maksum menjelaskan dalam konteks kesalahan mentrasnfer tersebut, pihak pemilik dana tidak memiliki niatan memindahkan kepemilikan dana kepada rekening nasabah yang kemudian menerima dana salah transfer. Itu terjadi bisa karena itu human eror seperti kesalahan menginput data nomor rekening. Oleh sebab itu, jelas ustaz Maksum penerima dana salah transfer wajib hukumnya mengembalikan seluruh dana tersebut. 

"Sehingga uang yang ada di dalam rekening kita karena kesalahan transfer orang lain adalah merupakan milik orang lain tersebut, bukan milik kita, sehingga kita tidak boleh memanfaatkannya. Apabila seseorang yang tadi itu merasa salah transfer kemudian mengetahui rekening kita yang menerima dan dia meminta kembali maka kewajiban kita sebagai muslim harus mengembalikan seluruh uang yang kita terima tersebut. Misal transfer yang kita terima satu juta maka sebesar uang tersebut yang harus kita transfer kembali kepada pemiliknya yang salah transfer tersebut," kata Ustadz Maksum yang juga dosen tetap UIN Sunan Hidayatullah Jakarta kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement