Selasa 23 Mar 2021 20:29 WIB

Janji Antara Hamba dan Allah SWT yang Diucapkan Tiap Hari

Alquran mengabadikan janji antara hamba dan Allah SWT

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mengabadikan janji antara hamba dan Allah SWT. Surat Al-Fatihah
Foto:

Dan ibadah yang Allah inginkan dari ciptaan adalah melakukan segala sesuatu yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan baik perkataan dan perbuatan, baik yang tampak maupun yang tersembunyi serta menjauhi larangan Nya. Sehingga apa yang diinginkan hamba-Nya mendapatkan ridha Allah.  

عَنْ ابنِ عباسٍ رضي الله عنهما، قَالَ: كنت خلف النَّبيّ صلى الله عليه وسلم يوماً، فَقَالَ: "يَا غُلامُ، إنِّي أعلِّمُكَ كَلِمَاتٍ: احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَألْتَ فَاسأَلِ الله، وإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ باللهِ، وَاعْلَمْ أنَّ الأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إلاَّ بِشَيءٍ قَدْ كَتَبهُ اللهُ لَكَ، وَإِن اجتَمَعُوا عَلَى أنْ يَضُرُّوكَ بِشَيءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إلاَّ بِشَيءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ الأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحفُ    

Dari Abdullah bin Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jagalah Allah, niscaya Dia menjagamu, jagalah Allah, niscaya kamu mendapati-Nya bersamamu, jika kamu mempunyai permintaan, mintalah kepada Allah, jika kamu membutuhkan pertolongan, minta tolonglah kepada Allah. Ketahuilah, seandainya seluruh manusia bersatu untuk memberi manfaat dengan sesuatu, mereka tidak akan dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan untukmu; dan jika mereka bersatu untuk mencelakakanmu dengan sesuatu, mereka tidak akan dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan untukmu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah mengering." (HR At Tarmidzi). 

Perjanjian seorang hamba dan Tuhannya adalah sebuah dokumen suci yang diumumkan umat Islam dalam setiap rakaat sholatnya, apakah itu wajib atau sunnah berlebihan, untuk selalu mengingatkan diri sendiri tentang perjanjian besar bahwa untuk apa manusia diciptakan dan untuk kepentingan siapa para khalifah dikirim dan ketetapan, kitab Allah ditetapkan, surga dan neraka diciptakan, takdir ditetapkan, dan keseimbangan ditetapkan.  

Kemudian mengingat juga ciptaan dibangkitkan dari kuburan mereka, dan apa yang di peti mereka dikumpulkan, buku amal mereka ditunjukkan kepada mereka, dan saksi dari diri mereka sendiri didirikan pada mereka. 

Firman Allah di surat pertama ini juga menjadi sebuah janji sebagai seorang hamba untuk melawan mereka yang menjadi musuh Allah dan menyekutukan Allah. Bahwa seorang hamba telah meyakini bahwa Tiada Tuhan selain Allah. Bahwa hal ini juga yang dahulu diperjuangkan Rasulullah saat berdakwah dan menyebarkan ketauhidan.  

 

Perjanjian penghambaan diri kepada Allah ini juga sebenarmya adalah untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan yang kekal tanpa diperbudak. Karena apapun yang akan terjadi segalanya akan dilakukan Tuhannya, ketika hamba mengharapkan kemakmuran, pahala, keridhaan, belas kasih, pengampunan, bimbingan bahkan kejahatan yang terjadi kepadanya maka akan dibalas oleh Allah SWT. Dengan beribadah, Allah akan mendatangkan rezeki, perlindungan dan terhindar dari bencana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement