Selasa 23 Mar 2021 17:46 WIB

Muncul Gunung Emas, Apakah Pertanda Kiamat?

Untuk memahami hadits tidak bisa dari satu hadits saja.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Muncul Gunung Emas, Apakah Pertanda Kiamat?.  Warga menggali bongkahan emas.

Dia menambahkan untuk memahami hadits itu, tak cukup dari satu hadits saja. Ada hadits lain yang hampir mirip dan sama diriwayatkan oleh Imam Muslim.

عن أبي بن كعب قال: \"لا يزال الناس مختلفة أعناقهم في طلب الدنيا سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: يوشك أن ينحسر الفرات عن جبل من ذهب فإذا سمع به الناس ساروا إليه فيقول من عنده لئن تركنا الناس يأخذون منه ليذهبن به كله قال: فيقتتلون عليه فيقتل من كل مائة تسعة وتسعون

“Dari Ubai bin Ka'ab berkata, ‘Orang-orang terus sibuk mencari dunia. ‘Hampir saja Furat terbuka dan banyak simpanan emas. Saat mendengarnya, orang-orang menghampirinya lalu orang yang didekatnya berkata, ‘Bila kita biarkan orang-orang mengambilnya, mereka akan menghabiskan semuanya.’ Rasul bersabda, ‘Mereka berperang karenanya, dari setiap seratus orang, sembilan puluh sembilannya terbunuh.”

Dia menyebut inti dari hadits tersebut adalah orang yang sibuk mencari dunia. Oleh karena itu, dia rela melakukan berbagai hal yang dilarang oleh agama. Jika sudah melakukan banyak hal yang dilarang agama, otomatis itu menjadi salah satu tanda datangnya kiamat.

“Jadi kalau misalnya munculnya emas, orang itu katakanlah memiliki akhlak dan bisa mengendalikan hawa nafsu sehingga mereka tidak tergiur, insya Allah Kiamat masih lama. Apalagi masih banyak orang shaleh yang berzikir dan melakukan ibadah lain. Tapi kalau itu semua sudah mulai mengikis berarti sudah saatnya. Untuk waktunya, hanya Allah yang tahu,” ucap dia. 

photo
Cara Mencapai Kebahagiaan Hidup dalam Islam - (About Islam )

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement