Selasa 16 Mar 2021 19:59 WIB

Benarkah Seluruh Anak Rasulullah Berasal dari Khadijah?

Rasulullah SAW memiliki beberapa istri.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Seluruh Anak Rasulullah Berasal dari Khadijah?
Foto:

Putri Rasulullah SAW lainnya ialah Fathimah. Dia dinikahi oleh Ali bin Abu Thalib. Dari pernikahan itu, mereka memiliki beberapa orang putra, yakni al-Hasan (putra tertuanya), al-Husain, Zainab, Ummu Kultsum, dan seorang anak laki-laki yang meninggal saat masih kecil bernama al-Muhassin.

Zainab binti Ali dinikahi Abdullah bin Ja'far bin Abu Thalin dan mempunyai putra bernama Ali bin Abdullah. Dia memiliki memiliki keturunan.

Ummu Kultsum dinikahi Umar bin al-Khathab dan memiliki putra bernama Zaid. Namun, baik Zaid maupun ibunya tidak memiliki keturunan penerus. Fathimah wafat enam bulan setelah Rasulullah SAW dan dia tidak punya suami selain Ali.

Rasulullah SAW juga memiliki putri bernama Ummu Kultsum, yang merupakan putri bungsu beliau. Dia dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, tetapi diceraikan sebelum disentuh olehnya.

Ummu Kultsum kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan meninggal sebagai istrinya di masa hidup Rasulullah SAW pada 9 H. Sebagaimana diriwayatkan Khalifah bin Khayyath, dari Ustman itu, Ummu Kultsum tidak memiliki keturunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement