Selasa 16 Mar 2021 19:59 WIB

Benarkah Seluruh Anak Rasulullah Berasal dari Khadijah?

Rasulullah SAW memiliki beberapa istri.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Seluruh Anak Rasulullah Berasal dari Khadijah?
Foto:

Sementara Ibrahim, putra dari Mariyah, dilahirkan di Madinah dan hidup hingga usia dua tahun kurang dua bulan. Dia meninggal saat terjadi gerhana matahari, tiga bulan sebelum ayahandanya wafat.

Selanjutnya, putri-putri Rasulullah SAW, di antaranya Zainab yang merupakan putri tertuanya. Dia menikah dengan al-'Ashi (al-Qasim) bin ar-Rabi' bin Abdul Uzza bin Abdu Syams bin Abdu Manaf. Zainab tidak memiliki suami selain Abu al-Ashi. Dia wafat pada 8 Hijriyah.

Dalam pernikahannya dengan al-Ashi, Zainab melahirkan putra bernama Ali yang meninggal di usia remaja dan putri bernama Umamah. Umamah ini dinikahi Ali bin Abu Thalib setelah Fathimah wafat dan tidak dikaruniai putra hingga Ali wafat meninggalkannya.

Umamah kemudian dinikahi al-Mughirah bin Naufal bin al-Harits bin Abdul Muthalib dan meninggal sebagai istrinya tanpa mempunyai anak. Rasulullah SAW juga mempunya putri bernama Ruqayyah yang dinikahi Utsman bin Affan. Dia tidak punya suami selain Utsman.

Dari pernikahannya dengan Utsman itu, Ruqayyah mempunyai putra bernama Abdullah. Putranya ini meninggal di usia empat tahun. Ruqayyah kemudian wafat tiga hari setelah Perang Badar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement