Senin 15 Mar 2021 23:11 WIB

5 Kondisi Terjepit Umat dan Datangnya Pertolongan Allah 

Allah SWT memberikan pertolongan kepada hamba-Nya saat terjepit

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT memberikan pertolongan kepada hamba-Nya saat terjepit. Ilustrasi pertolongan
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA HANDOUT
Allah SWT memberikan pertolongan kepada hamba-Nya saat terjepit. Ilustrasi pertolongan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Allah SWT senantiasa menolong hamba-Nya saat dalam kondisi sulit. Bantuan dari Allah SWT kepada umatnya juga telah dikisahkan dalam Alquran. 

Dilansir dari laman Saaid pada Senin (15/3), berikut beberapa pertolongan yang diturunkan Allah SWT kepada umatnya,

Baca Juga

 1. Allah Ta'ala berfirman: 

وَقَالَ لَهُمۡ نَبِيُّهُمۡ اِنَّ اٰيَةَ مُلۡکِهٖۤ اَنۡ يَّاۡتِيَکُمُ التَّابُوۡتُ فِيۡهِ سَکِيۡنَةٌ مِّنۡ رَّبِّکُمۡ وَبَقِيَّةٌ مِّمَّا تَرَكَ اٰلُ مُوۡسٰى.  وَاٰلُ هٰرُوۡنَ تَحۡمِلُهُ الۡمَلٰٓٮِٕكَةُ‌ ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لَّـکُمۡ اِنۡ كُنۡتُمۡ مُّؤۡمِنِيۡنَ "Dan nabi mereka berkata kepada mereka, "Sesungguhnya tanda kerajaannya ialah datangnya Tabut kepadamu, yang di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun, yang dibawa oleh malaikat. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah) bagimu, jika kamu orang beriman" (QS Al-Baqarah: 248).

 

Syekh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin dalam tafsirnya menyatakan, dan Tabut merupakan sesuatu dari kayu atau gading yang menyerupai kotak, dia turun dan bersama mereka. Di dalamnya ada ketenangan, yang meyakinkan mereka. Jika mereka melihatnya hati mereka menjadi tenang.

2. Pada saat hari yang genting Allah SWT berkata: 

 وَّضَاقَتْ عَلَيْكُمُ الْاَرْضُ  بِمَا رَحُبَتْ ثُمَّ وَلَّيْتُمْ مُّدْبِرِيْنَۚ  "Dan bumi yang luas itu terasa sempit bagimu, kemudian kamu berbalik ke belakang dan lari tunggang-langgang." (QS At Taubah: 25). Selanjutnya Allah SWT berfirman: 

ثُمَّ اَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَنْزَلَ جُنُوْدًا لَّمْ تَرَوْهَا وَعَذَّبَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ وَذٰلِكَ جَزَاۤءُ الْكٰفِرِيْنَ  "Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Dia menurunkan bala tentara (para malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menimpakan azab kepada orang-orang kafir. Itulah balasan bagi orang-orang kafir" (QS At-Taubah: 26).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement