Senin 15 Mar 2021 21:13 WIB

Hadits-hadits Keutamaan Perbanyak Puasa Syaban

Syaban merupakan salah satu bulan Hijriyah yang utama

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Syaban merupakan salah satu bulan Hijriyah yang utama. Berdoa bulan Syaban (Ilustrasi)
Foto: Republika
Syaban merupakan salah satu bulan Hijriyah yang utama. Berdoa bulan Syaban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Syaban adalah bulan kedelapan dalam penanggalan Hijriyah yang dinantikan umat Islam. Pada 2021 ini awal Syaban bertepatan hari ini, Senin (15/3). 

Salah satu keistimewaan bulan ini terletak pada pertengahannya yang biasanya disebut sebagai Nisfu Syaban.

Baca Juga

Selain itu, ada sejumlah hadits sahih yang menunjukkan keistimewaan Syaban, di antaranya hadits tentang amalan puasa sunnah. 

Hadits-hadits ini merupakan dalil keutamaan memperbanyak puasa Syaban. Dari Aisyah RA, beliau mengatakan,

يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يَصُومُ، فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ

“Terkadang Nabi SAW puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa, dan terkadang beliau tidak puasa terus, hingga kami katakan: Beliau tidak melakukan puasa. Dan saya tidak pernah melihat Nabi SAW berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika Syaban.” (HR Al Bukhari dan Muslim)  

Dalam riwayat lain, Aisyah juga mengisahkan tentang aktivitas Rasulullah SAW selama Syaban:

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ “Belum pernah Nabi SAW berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa bulan Syaban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh.” (HR  Al Bukhari dan Muslim)

Aisyah juga mengisahkan tentang aktivitas Rasulullah SAW selama Syaban sebagai barikut:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَفَّظُ مِنْ هِلَالِ شَعْبَانَ مَا لَا يَتَحَفَّظُ مِنْ غَيْرِهِ، ثُمَّ يَصُومُ لِرُؤْيَةِ رَمَضَانَ، فَإِنْ غُمَّ عَلَيْهِ، عَدَّ ثَلَاثِينَ يَوْمًا، ثُمَّ صَامَ

“Nabi SAW memberikan perhatian terhadap hilal bulan Sya’ban, tidak sebagaimana perhatian beliau terhadap bulan-bulan yang lain. Kemudian beliau berpuasa ketika melihat hilal Ramadhan. Jika hilal tidak kelihatan, beliau genapkan Sya’ban sampai 30 hari.” (HR Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i dan sanad-nya disahihkan Syekh Syu’aib Al Arnauth)

Sementara itu, dalam hadits riwayat Ummu Salamah RA, dia mengatakan sebagai berikut: 

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ، وَيَصِلُ بِهِ رَمَضَانَ “Bahwa Nabi SAW belum pernah puasa satu bulan penuh selain Sya’ban, kemudian beliau sambung dengan Ramadhan.” (HR  An-Nasa’i)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement